Benarkah Neanderthal Pernah Kawin dengan Manusia Modern?

BBCIndonesia.com

Sebuah temuan baru meragukan teori yang menyebutkan bahwa nenek moyang manusia modern telah melakukan perkawinan silang dengan manusia Neanderthal selama ribuan tahun.

Para ilmuwan meneliti usia fosil Neanderthal di dua lokasi di Spanyol bagian selatan dan menyimpulkan mereka jauh lebih tua dari yang diperkirakan sebelumnya.

Dengan kata lain, demikian temuan baru ini, tidak mungkin manusia Neanderthal dan manusia modern pernah hidup bersama di wilayah tersebut, demikian laporan wartawan sains kantor berita AP, John von Radowitz.

Menurut para peneliti, kemungkinan besar Neanderthal telah lama meninggalkan kawasan tersebut sebelum kedatangan Homo sapiens (manusia modern) pertama.

Sejak 1990-an, para ahli percaya bahwa Neanderthal terakhir mengungsi di Semenanjung Spanyol dan akhirnya punah sekitar 30.000 tahun yang lalu.

Pernah kawin?

Fosil tengkorak manusia Neanderthal yang ditemukan di selatan Spanyol.

Sejumlah analisa selama ini menyebutkan pula bahwa sebagian DNA manusia Neanderthal telah bercampur manusia modern melalui perkawinan.

Hal ini didasarkan hipotesa bahwa manusia modern menguasai kawasan yang ditempati orang-orang Neanderthal 10.000 tahun sebelumnya.

Tetapi penelitian terbaru, yang menggunakan metode penanggalan menunjukkan, manusia Neanderthal menguasai Spanyol hanya berlangsung sampai sekitar 45.000 sampai 50.000 tahun
lalu.

Sebelumnya, sebagian ahli yakin jejak DNA Neanderthal dapat ditemukan pada manusia modern yang hidup saat ini, terutama orang Eropa.

Walaupun masih diperdebatkan, beberapa ahli percaya bahwa tautan genetik itu terjadi karena Neanderthal dan manusia modern memiliki nenek moyang yang barangkali telah tinggal di Afrika Utara.

Keduanya diduga pindah ke Eurasia dari Afrika, tetapi pada waktu yang berbeda.

Categories: arkeologi, sains | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: