Bima Sakti Dihuni Miliaran Planet Seukuran Bumi

detail berita

Ilustrasi planet di luar angkasa (Foto: Universetoday)

WASHINGTON – Galaxy Bima Sakti merupakan rumah bagi sedikitnya 17 miliar planet yang memiliki ukuran serupa dengan bumi. Ilmuwan meneliti kemungkinan galaksi ini masih dihuni oleh miliaran planet lainnya.

Dilansir Theage, Selasa (8/1/2013), kendati miliaran planet ini menghuni dan mengorbit di galaksi Bima Sakti, namun peneliti merasa terlalu cepat bila mengatakan terdapat “titik manis”, di mana air bisa muncul di planet asing tersebut. Francois Fressin dari Harvard-Smithsonian Centre for Astrophysics menjelaskan planet asing tersebut.

Meskipun penemuan besar-besaran pada exoplanet (planet yang berada di luar sistem Tata Surya) terjadi di beberapa tahun terakhir, namun misteri masih belum mampu terpecahkan. Ilmuwan juga telah menetapkan zona Goldilocks, yang merupakan kondisi di mana suhu tidak panas atau pun tidak dingin untuk air terbentuk di permukaan planet.

Begitu banyaknya planet seukuran Bumi ini, memberikan informasi baru kepada astronom sebagai titik awal untuk mengklasifikasi planet mana yang berada di habitable zone atau zona layak huni.

Fressin dan timnya melakukan analisis baru dengan data yang dikumpulkan oleh pesawat luar angkasa Kepler NASA, yang diluncurkan di 2009 untuk menelusuri planet. Mereka memperkirakan sedikitnya satu dari enam bintang di galaksi, merupakan induk bagi planet-planet yang seukuran dengan Bumi, yang diestimasi berjumlah sedikitnya 17 miliar planet.

Menggunakan metode yang berbeda, tim dari University of California, Berkeley dan University of Hawai juga mengestimasi jumlah dari planet asing seukuran Bumi yang ada di galaksi Bima Sakti. Mereka menghitung 17 persen dari bintang-bintang yang jauh memiliki planet yang memiliki ukuran mirip Bumi, atau sedikit lebih besar dari Bumi.

Temuan ini telah dipaparkan pada American Astronomical Society di Long Beach, California, Amerika Serikat. Pesawat luar angkasa Kepler akan terus melakukan perburuan planet asing di luar angkasa. (fmh)

Categories: astronomi, sains | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: