Draconectes narinosus – Ikan Tanpa Mata

 

detail berita

Draconectes narinosus (foto: Live Science)

HANOI – Seekor ikan penghuni gua yang tidak memiliki mata dan sisik telah ditemukan di sebuah pulau kecil di Ha Long Bay, Vietnam. Ikan itu diberi nama Draconectes narinosus.

Dilansir dari Live Science, Senin (3/12/2012), nama untuk ikan tersebut diambil dari bahasa latin drakon dan necter yang berarti naga dan perenang. Ketiadaan mata serta sisik merupakan cara beradaptasi yang umum dilakukan untuk hewan yang berevolusi di kegelapan gua kapur.

Seperti halnya ikan gua lain, Draconestes narinosus hidup terbatas di wilayah air tawar. Hal tersebut berarti ikan itu terisolasi di dalam gua di pulau Van Gio, tidak dapat berenang keluar wilayah yang dikelilingi lautan.

Para peneliti bersama Flora & Fauna International merasa kagum bahwa ikan tersebut telah bertahan hidup di daerah yang kecil sebagai habitatnya. Air tawar di pulau Van Gio tersebut hanya berjarak sekira 200 meter dari air asin.

Para peneliti belum mengetahui apakah ada spesies sejenis di pulau terdekat atau jenis tersebut merupakan satu-satunya yang ada di sana. Draconectesis adalah genus atau marga terbaru yang ditemukan

sumber : okezone

Advertisements
Categories: Flora & Fauna | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: