Benda Asing Tertangkap Kamera Robot Penjelajah Mars

detail berita

– Robot penjelajah Mars yang dikembangkan National Aeronautics and Space Administration (NASA), rover Curiosity telah ditugaskan menjalankan misi untuk menganalisis tanah di Mars sejak Minggu lalu. Kini, ditengah aktivitas mengamati tanah tersebut, kamera Curiosity menemukan benda asing berbentuk kecil tergeletak di permukaan tanah Mars.

Dilansir Scienceagogo, Selasa (9/10/2012), objek terang misterius yang terdapat di permukaan Mars menunda pekerjaan Curiosity untuk mengambil beberapa sampel tanah Mars. Sampai Curiosity mampu mengidentifikasi objek tersebut, pekerjaan menganalisis tanah Mars dapat dilanjutkan.

Temuan ini cukup mengkhawatirkan para operator di NASA. Sebab, tim memutuskan tidak menggunakan lengan robot dan aktivitas pengambilan sampel menggunakan sekop khusus milik Curiosity. Ada dugaan objek tersebut merupakan logam yang jatuh dari bagian tubuh Curiosity.

Bahkan, spekulasi pun bermunculan di twitter yang menyebutkan apakah benda tersebut adalah sekrup milik Curiosity? sejauh ini, dugaan sementara mengungkapkan bahwa objek tersebut merupakan plastik kecil yang terjatuh dari rover Curiosity.

Objek asing yang ditemukan Curiosity ini terdapat di situs yang dinamakan “Rocknest”. Curiosity ditugaskan untuk menyekop tanah, kemudian menggetarkan tanah tersebut untuk membersihkan sistem koleksi sampel yang terpasang di lengan robot Curiosity.

Lengan robot Curiosity dengan panjang 7 kaki (2,1 meter) ini dikenal dengan nama CHIMRA (Collection and Handling for In-situ Martian Rock Analysis). NASA Jet Propulsion Laboratory melaporkan bahwa tim operator Curiosity menahan aktivitas penggunaan lengan robot tersebut guna melakukan pemeriksaan objek misterius tersebut.

Informasi yang terungkap beberapa waktu lalu menyebutkan, Curiosity lelah melakukan check-in menggunakan aplikasi Foursquare di kawasan Gale Crater yang berada di Mars. Check-in pada Foursquare pertama kali dilakukan oleh armada penjelajah luar angkasa tersebut di Mars pada Rabu lalu.

Curiosity menjelajahi planet merah tersebut untuk mendeteksi adanya kehidupan mikroba. Tujuan utama robot tersebut adalah Mount Sharp, yakni gunung yang terletak di dalam Gale Crater yang memiliki ketinggian 18 ribu kaki. (amr)

Categories: astronomi, sains | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: