Konsumsi Kurkumin Cegah Diabetes

 

detail berita

Serbuk kurkumin (Foto: Corbis)

PARA penderita diabetes selalu cemas akan makanan yang dikonsumsinya. Berdasarkan penelitian di Thailand, suplemen yang mengandung senyawa yang ditemukan dalam bumbu kari dapat membantu mencegah diabetes pada orang yang berisiko tinggi.

Kurkumin merupakan senyawa dalam rempah-rempah kunyit. Penelitian laboratorium sebelumnya telah menyarankan bahwa kurkumin dapat melawan peradangan dan apa yang disebut kerusakan oksidatif pada sel tubuh, termasuk diabetes tipe 2.

“Karena manfaat dan keamanan, kami mengusulkan bahwa ekstrak kurkumin dapat digunakan untuk terapi intervensi untuk populasi pradiabetes,” tulis pemimpin studi Somlak Chuengsamarn dari Srinakharinwirot University di Nakomnayok, Thailand.

Penelitian ini melibatkan 240 orang dewasa Thailand dengan pradiabetes yang secara acak ditugaskan untuk mengonsumsi kapsul kurkumin. Masing-masing berisi 250 miligram “kurkuminoid” dan dikonsumsi sebanyak enam kapsul sehari.

Foxnews melansir para peneliti menemukan bahwa suplemen tampaknya meningkatkan fungsi beta-sel, yaitu sel-sel dalam pankreas yang melepaskan hormon insulin yang mengatur gula darah. Mereka berspekulasi bahwa efek anti-inflamasi kurkumin membantu melindungi beta-sel dari kerusakan.

Namun seorang pakar diabetes mengatakan masih terlalu dini bagi orang untuk memakai kurkumin sebagai obat pencegah diabetes.

“Ini terlihat menjanjikan, namun masih ada banyak pertanyaan,” kata Constance Brown-Riggs, seorang pendidik diabetes bersertifikat dan juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet.

Brown-Riggs menambahkan bahwa konsumen tidak dapat memastikan bahwa suatu produk sebenarnya mengandung bahan, atau jumlah bahan, yang tercantum pada label.

“Jika saya berbicara kepada pasien tentang hal ini, saya akan mengatakan berkonsentrasi pada makan dan gaya hidup sehat akan lebih baik.” (ina)

Categories: Diabetes, kesehatan | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: