Cahaya dan Teori Absolutivitas 2 (Mengembangnya Alam Semesta)

Teori Absolutivitas kedua ini didasarkan pada eksperimen yang telah dilakukan Edwin Hubble tentang redshift (pergeseran merah) galaksi-galaksi, George Gamow tentang teori Big Bang (Ledakan Dahsyat), dan Arno Penzias-Robert Wilson tentang Cosmic Background Radiation (Radiasi Sinar Kosmik).


Pada tahun 1929, di observatorium Mount Wilson California, ahli astronomi Amerika, Edwin Hubble membuat salah satu penemuan terbesar di sepanjang sejarah astronomi. Ketika mengamati bintang-bintang pada galaksi jauh dengan teleskop raksasa, ia menemukan redshift (pergeseran merah), yaitu bahwa bintang-bintang itu memancarkan cahaya merah sesuai dengan jaraknya. Hal ini berarti bahwa bintang-bintang ini “bergerak menjauhi” kita. Sebab, menurut hukum fisika yang diketahui, spektrum dari sumber cahaya yang sedang bergerak mendekati pengamat cenderung ke warna ungu, sedangkan yang menjauhi pengamat cenderung ke warna merah. Selama pengamatan oleh Hubble, cahaya dari bintang-bintang cenderung ke warna merah. Ini berarti bahwa bintang-bintang ini terus-menerus bergerak menjauhi kita, berarti juga bahwa alam semesta terum mengembang dan meluas semakin besar.

Namun, dengan mengejutkan baik sebelum teleskop diciptakan dan jauh sebelum Hubble mengumumkan tentang hukum Hubblenya, Nabi Muhammad biasa membacakan sebuah ayat Quran kepada sahabat-sahabatnya yang menyatakan bahwa Langit itu mengembang dan Bumi itu dihamparkan seperti karpet yang dihamparkan dari gulungannya.

“Dan Langit itu Kami bangun dengan kekuatan (Kami) dan sesungguhnya kami benar-benar yang mengembangkannya.” (Quran 51: 47).

Subahanallah……

Categories: sains | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: