10 Migrasi Hewan Terdahsyat

Migrasi hewan adalah pergerakan periodik sekelompok hewan tertentu dari habitat asal, menuju tempat baru dan kembali ke habitat asal. Biasanya, migrasi ini dilakukan untuk mencari makan karena di habitat asal telah berkurang, atau pun karena kepentingan reproduksi. Migrasi hewan biasanya menggunakan rute yang sama di setiap tahunnya.

1. Salmon

  • gb

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau ikan salmon adalah salah satu hewan yang rutin bermigrasi. Biasanya mereka bermigrasi untuk reproduksi. Jika tertarik melihat migrasi hewan ini, Anda bisa jalan menuju Teluk Bristol di Alaska.

Ini adalah salah satu lokasi migrasi dengan jumlah salmon terbesar di dunia. Ada jutaan ikan salmon kembali ke perairan tawar dari laut untuk berkembang biak setiap tahunnya.

2. Kupu-kupu monarch

  • gb

Bayangkan betapa cantiknya langit ketika dipenuhi kupu-kupu yang beterbangan. Tak hanya satu atau dua individu, Anda bisa melihat ribuan kupu-kupu sejenis terbang di atas langit ketika musim migrasi tiba.

Salah satu jenis kupu-kupu yang rutin bermigrasi adalah kupu-kupu monarch (Danaus plexippus). Serangga yang ditemukan di Selandia Baru dan Australia ini mampu bermigrasi hingga 4.000 mil (6.437 km). Biasanya, mereka akan melewati Samudera Pasifik.

3. Kepiting merah

  • gb

Jangan kaget jika Anda sedang liburan di Christmas Island, tiba-tiba ada banyak kepiting masuk ke pulau. Itu tandanya Anda datang di waktu migrasi tiba.

Pada saat itu, kepiting akan ‘mengambil alih’ pulau. Jutaan kepiting berwarna merah akan naik keluar dari pulau menuju lautan. Biasanya ini dilakukan untuk bertelur.

4. Kalong

Pernah lihat sekelompok kalong yang terbang bergerombolan di langit? Bisa jadi yang Anda lihat adalah sekelompok kalong yang sedang migrasi.

Mamalia terbang ini ada di mana-mana, tapi salah satu yang paling terkenal migrasinya adalah Straw-Colored Fruit Bats. Hewan ini biasa hidup di dataran Afrika. Setiap tahunnya, kalong ini bermigrasi menuju Taman Nasional Kasanka di Zambia pada bulan Oktober.

5. Hiu paus (Whale shark)

Selain salmon, hewan perairan lain yang juga mengalami migrasi adalah whale shark atau hiu paus. Mungkin tak banyak yang tahu secara pasti pola migrasi hewan ini. Namun, ribuan dari mereka akan melalui Semenanjung Yucatan, Meksiko mulai pertengahan Mei hingga September setiap tahun.

6. Penguin kaisar

  • gb

Setiap bulan Maret, ratusan penguin kaisar melakukan perjalanan dari Pantai Antartika. Tujuan mereka adalah satu, untuk mencari lokasi terbaik menetaskan telur.

7. Flamingo

  • gb

Burung cantik berwarna merah jambu ini juga merasakan migrasi. Selama musim panas, flamingo akan melakukan perjalanan di antara Danau Alkali di timur Rift Valley, Afrika. Flamingo juga banyak di Danau Nakuru, Kenya. Mereka rutin berdatangan karena danau ini memiliki banyak makanan.

8. wildebeest

Hewan herbivora ini akan melakukan apa saja demi menemukan padang rumput yang lebih hijau. Serengeti wildebeest beserta zebra dan rusa mampu berkelana ratusan kilometer dalam sebuah rombongan untuk menghindari musim kering di Tanzania dan Kenya

9. Kura-kura Hijau

Insting keibuan seekor kura-kura hijau memaksanya kembali ke tempat kelahiran untuk memulai kehidupan dengan keluarganya. Kura-kura hijau yang sedang hamil dapat berenang ribuan kilometer dari tempat berkembangbiak di Brasil menuju lautan Atlantik Selatan ke pulau Ascension.

10. Paus Punggung Bungkuk

Humpback Whale atau paus punggung bungkuk mempertahankan rekor sebagai hewan yang berkelana dalam jarak terjauh di dunia. Beberapa kawanan paus berbobot 36.000 kilogram menghabiskan waktunya mengkonsumsi berton-ton makanan di semenanjung arktik. Saat musim dingin, mereka akan berenang sejauh 8046 kilometer menuju tempat berkembangbiak di dekat Kolombia dan di wilayah garis ekuator.

Categories: Flora & Fauna | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: