Mobil Murah pukul Mobil Bekas !!

 

Penjualan mobil bekas di Kota Semarang lesu menyusul kemunculan mobil LCGC (low cost and green car) yang harganya jauh lebih murah, sekitar Rp 75 juta-Rp 80 juta per unit.

Pemilik New Dian Mobil, Johny mengungkapkan, kehadiran mobil hybrid dengan harga murah mengakibatkan penjualan mobil bekas lesu. Sebagian besar pembeli urung membeli kendaraan bekas.

”Mereka berpikir dua kali untuk membeli mobil bekas. Banyak yang menunda dulu sambil melihat-lihat keunggulan dari mobil murah itu,” katanya di show room Jalan Supriyadi 60 Semarang, kemarin. Banyak pembeli yang memilih inden daripada membeli mobil bekas.

Apalagi dengan iming-iming uang muka yang relatif lebih murah mulai Rp 1 jutaan. Hadirnya mobil murah tersebut, kata Johny, membuat masyarakat beralih membeli mobil baru ketimbang membeli mobil bekas. Mulai November tahun lalu, penjualan mobil bekas turun hingga 5% dibanding 2011.

Hingga saat ini penjualan masih lesu tidak secerah tahun-tahun sebelumnya. Ia memprediksi sepanjang tahun ini penjualan mobil bekas masih tidak secemerlang apa yang diharapkan.

Jenis City Car

Menurut Johny, dampak yang paling terasa adalah mobil bekas jenis city car yang harganya di bawah Rp 100 juta, seperti Karimun, Visto, Kia Picanto, Toyota Starlet.

”Mobilmobil jenis itu kini sulit dijual. Namun untuk Honda Jazz dan Yaris yang harganya lebih dari Rp 100 juta masih tetap bagus.” Saat ini dari tiga show roommiliknya, tersedia 70 unit mobil berbagai jenis dan merek. Setiap bulannya rata-rata bisa terjual hingga 30-35 unit.

Meskipun penjualan city car terus menurun, namun penjualan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) mobil yang difungsikan untuk mengangkut keluarga dengan dimensi dan ukuran yang lebih besar justru makin diminati. Seperti Avanza buatan tahun 2008 Rp 120 juta, Xenia tahun 2008 Rp 110 juta dan Innova tahun 2007 Rp 165 juta. Untuk menarik minat masyarakat membeli mobil bekas, dia memberikan bensin isi penuh setiap pembelian.

”Beli mobil tidak langsung putus. Kami memberikan jaminan apabila ada kerusakan. Misalnya kerusakan pada AC kami siap mengganti,” katanya. Keluarnya mobil baru yang murah kategori city car rupanya cukup berdampak pada harga mobil bekas di kategori tersebut turun drastis. Mobil baru yang harga termurahnya di kisaran Rp 76 jutaan hingga Rp 80 jutaan ini tak pelak sedikit mengikis harga mobil seken sekitar 10%.

Di bursa mobil bekas Giant Central City misalnya,Suzuki Karimun Estilo tahun 2007 yang sebelumnya sekitar Rp 85 juta turun menjadi Rp 75 juta, Picanto tahun 2004-2005 juga berkisar Rp 60 juta-Rp 70 juta, Hyundai Atoz kini juga di kisaran Rp 65 juta, begitu juga dengan Suzuki Karimun tahun 2000-an antara Rp 60 juta-Rp 70 juta. Cin Cin, Ketua Paguyuban Bursa Mobil Bekas Giant mengungkapkan, kemunculan mobil city car murah memang cukup berpengaruh terhadap pasar mobil bekas atau seken khususnya di segmen yang sama.

Mengingat mobil baru murah ini hampir sebagian besar masih inden sehingga membutuhkan beberapa waktu lamanya untuk bisa sampai ke garasi rumah, maka imbasnya belum begitu terasa untuk di Giant.

”Hampir 80% yang dijual di sini city car, memang ada pengaruh dari sisi harga turunnya lumayan drastis. Tapi kalau dari permintaan belum begitu terasa, karena mobil baru banyak yang inden.

Sedangkan kadang orang kalau mau beli mobil inginnya cepat dibawa pulang ini untungnya kalau pilih yang seken,” papar Cin Cin. Selain city car, jenis mobil seken lainnya relatif tidak terlalu terpengaruh dengan keluarnya mobil murah ini.

Dia menuturkan, mobil seken jauh lebih banyak variannya dan juga diberikan kemudahan misalnya ingin mencicil melalui lembaga pembiayaan dengan harga yang relatif terjangkau.

”Ya misalnya Ayla harga baru termurah sekitar Rp 76 jutaan, sebelumnya Karimun Estilo seken saja sekitar Rp 85 juta sekarang sudah turun drastis jadi Rp 75 juta salah satunya dipicu mobil murah ini. Mungkin orang akan berpikir uang sebesar itu daripada buat beli seken sudah dapat mobil baru dengan STNK atas nama sendiri pula,” katanya.

sumber: suara Merdeka

Categories: otomotif | Tags: | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Mobil Murah pukul Mobil Bekas !!

  1. bismillah.makasih atas inspirasinya.

  2. you’re actually a just right webmaster. The website
    loading velocity is incredible. It sort of feels that you’re doing any distinctive trick.
    Furthermore, The contents are masterpiece.
    you have done a wonderful process in this topic!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: