MENGETAHUI GEJALA DIABETES DARI GIGI

 Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak ditakuti, termasuk di Indonesia. Negara kita termasuk salah satu negara dengan penderita diabetes tinggi. Pantas kita memperhatikan dengan serius mengenai apa saja tanda-tanda dan gejala yang mengindikasikan diabetes ini. Jangan dianggap remeh, hal ini sangat penting agar kita dapat mengetahui lebih dini apakah ada kemungkinan kita terkena diabetes atau tidak.
Simak kutipan berikut “Pada saat seseorang mengalami gusi berdarah yang tak kunjung sembuh, ini bisa menjadi tanda awal diabetes. Namun, di saat orang yang terkena diabetes terserang sakit gigi atau gusi berdarah, ia akan mengalami nanah pada rongga mulut karena luka yang sulit untuk disembuhkan” , seperti dilansir Health.india.com.
Banyak cara dan tanda yang dapat kita ketahui dan lihat dari kondisi fisik tubuh kita. Jika mulut kita kering, itu juga salah satu pertanda kemungkinan kita menderita diabetes. Dan tentu saja banyak faktor-faktor lain yang bisa kita jadikan pedoman untuk mengetahuinya. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang sangat bermanfaat kepada anda semua. yaitu tentang gejala diabetes jika kita melihat dari kesehatan gigi kita. Penasaran? Silahkan simak info berikut ini.
mengetahui gejala diabetes dari gigi
( image from Google.com )
1. Infeksi jamur
Dikarenakan adanya kadar gula yang tinggi dalam air liur, maka akan mendorong pertumbuhan jamur Candidia, yang dapat menyebabkan infeksi. Penyakit ini biasanya disebut dengan oral thrush. Apa tanda-tandanya? Biasanya. ini ditandai dengan adanya  bercak putih seperti dadih susu pada rongga mulut. Bagaimana dengan kondisi anda? coba anda lihat ya.
2. Meningkatnya kerusakan gigi
Karena adanya bakteri didalam mulut yang kemudian berinteraksi dengan gula dan pati pada makanan yang anda konsumsi, maka akan terjadi plak pada gigi. Bagi para penderita diabetes, tingkat gula darah yang meningkat akan mengakibatkan peningkatan kerusakan gigi yang lebih tinggi. Gigi akan cenderung mengalami pengeroposan karena adanya plak yang semakin banyak muncul pada gigi. Silahkan anda lihat gigi anda, apakah banyak plak bersarang disana?
3. Mulut kering
Salah satu indikasi diabetes yang paling gampang untuk dilihat adalah mulut kering. Mulut kering diakibatkan karena kurangnya cairan didalam mulut. Kekurangan cairan ini diakibatkan oleh adanya pengeringan selaput lendir. Pengeringan selaput lendir sendiri, diakibatkan oleh karena tingginya tingkat kadar gula. Perlu anda ketahui, bahwa dengan kurangnya cairan dalam mulut, akan menyebabkan lemahnya fungsi kelenjar lidah. Ketika kelenjar lidah melemah, otomatis akan menurunkan produksi air liur. Selain itu, mulut kering juga dapat menyebabkan bisul,kerusakan gigi serta infeksi. Bagaimana kondisi mulut anda? coba anda lihat.
4. Penyakit gusi
Jika tubuh seseorang dalam kondisi normal, maka akan mempunyai kekebalan untuk mampu melawan bakteri yang menyebabkan radang gusi dan pembusukan. Akan berbeda jika seseorang menderita diabetes. Bagi seorang penderita diabetes, maka sistem imun / kekebalan tubuh akan menurun dengan sendirinya, sehingga kondisi seperti ini akan memicu peradangan gusi yang sulit sembuh dan munculnya pembusukan. Bagaimana dengan kondisi gusi anda?
Advertisements
Categories: Diabetes, kesehatan | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: