Sertifikasi Sistem Keamanan Pangan | HACCP Hazard Analysis Critical Control Point

Sesudah memasuki era globalisasi, permintaan dan tekanan dari konsumen serta pemerintah akan makanan yang berkualitas tinggi juga aman makin meningkat. Untuk melindungi masyarakat dari makanan yang tidak aman serta guna memastikan masyarakat memperoleh makanan yang berkualitas, banyak pemerintahan yang mensyaratkan adanya standar bagi makanan yang berkualitas, aman juga halal. Persyaratan ini berlaku pula untuk organisasi produsen sepanjang rantai makanan dari lapangan sampai konsumen akhir. Semua yang terlibat mesti memenuhi kualitas pangan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan, sertifikasi sistem keamanan pangan HACCP Hazard Analysis Critical Control Point dibutuhkan.

 

Indonesia merupakan salah satu penghasil pangan terbesar di dunia. Keadaan ini memicu resiko yang tinggi akan keamanan pangan di Indonesia khususnya, permasalahan keamanan makanan saat ini menjadi sorotan utama yang mesti diperhatikan. Keadaan ini sudah terbukti dari banyaknya kasus keracunanan makanan yang banyak terjadi dimasyarakat. Sertifikasi sistem keamanan pangan HACCP – Hazard Analysis and Critical Control Point adalah sistem keamanan pangan yang wajib di terapkan pada setiap industri atau jasa pengelola hasil pangan. Sebab HACCP sudah terbukti mengurangi resiko kecelakaan dan keracunan pangan yang bisa terjadi. Sedangkan Sertifikasi sistem keamanan pangan HACCP yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi adalah bukti sekaligus jaminan bahwa produk yang dihasilkan layak serta aman untuk dikonsumsi.

 

Maksud dan Tujuan Implementasi HACCP Bagi Perusahaan

Maksud dan tujuan Implementasi HACCP adalah meningkatkan kompetensi dan kredibilitas perusahaan hingga bisa mencapai kepuasan pelanggan serta pihak lain yang berkepentingan. Disamping itu, penerapan standar sistem keamanan pangan HACCP bisa meningkatkan efisiensi dan efektifitas kegiatan perusahaan hingga konsistensi mutu serta kepercayaan pelanggan bisa dipertahankan.

Sertifikasi sistem keamanan pangan HACCP adalah suatu sertifikasi yang memastikan tentang sistem managemen mutu supaya tercipta makanan yang aman. Melalui implementasi atas penggunaan 7 prinsip dari sistem keamanan pangan HACCP (Seven Principles Of HACCP), maka ditentukanlah kepastian akan keamanan pangan. Sertifikasi sistem keamanan pangan HACCP adalah perangkat terbaik dalam proses managemen dan keadaan itu akan membantu dalam mengurangi resiko, bahaya (gangguan) industri lainnya, serta menjamin keamanan pangan.

MUTU Certification sudah membentuk sub divisi keamanan pangan (HACCP). Sub divisi ini mempunyai hak guna menerbitkan sertifikat HACCP, setelah sub divisi ini diakreditasi oleh KAN/BSN ( Komite Akreditasi Nasional /Badan Akreditasi Nasional). MUTU Certification membentuk sebuah tim auditor spesialis yang terlatih dengan kualitas khusus dan berpengalaman di bidang industri pangan. Sub divisi ini memberikan pelayanan yang luas terhadap industri pangan meliputi:

1. Pertanian. Diantaranya holtikultura, daging, ikan, pabrik makanan, dan pabrik penggilingan

2. Pengolahan makanan. Pengusaha pabrik, penjual ritel, penyedia, dan distributor makanan.

3. Supplier pengemasan, gudang dan penyimpangan.

4. Rumah sakit dan restaurant

 

Keuntungan Memperoleh Sertifikat HACCP adalah :

1. Memiliki hak untuk menyatakan bahwa produk sudah ditangani dengan system managemen makanan aman (HACCP).

2. Memiliki hak untuk mempublikasikan dengan menggunakan logo lembaga sertifikasi dan akreditasi.

3. Memiliki hak untuk menandai “Keamanan Pangan” pada keemasan produk.

4. Memiliki hak untuk bela diri dalam kasus perselisihan pangan.

5. Memiliki kesempatan yang besar dalam akses pasar.

Advertisements
Categories: peluang usaha | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: