Cara kerja dan Aneka Model Segway

 

Segway PT sebuah kendaraan roda dua tenaga listrik, digerakan oleh motor dan baterai Li-ion. Sistem teknologi Segway memakai computer untuk menjaga keseimbangan pengendara. Kecepatan Segway diatur dari sistem balancing atau keseimbangan pengendara.

Untuk mengerakan Segway i2 dan x2, pengendara cukup mencondongkan badan sehingga pedal kontrol mengaktifkan motor untuk maju. Demikian juga untuk mundur, pengendara cukup mengarahkan badan kebelakang.

Segway efisien untuk berputar, bahkan bisa berputar 360 derajat dari titik poros kendaraan. Misalnya pengendara ingin berbelok, maka cukup memiringkan badan ke arah yang dituju. Sensor pada kaki pengendara akan mengatur kebutuhan power motor dan membuat salah satu sisi roda bergerak lebih cepat.

Kunci untuk mengaktifkan Segway disebut Info Key memakai teknologi Wireles, sehingga kunci Info Key dapat mengatur dan menonaktifkan Segway tanpa kabel. Selain difungsikan sebagai kunci, Info Key dapat memberikan informasi status persediaan dari tenaga baterai. Tanpa kunci Info Key tersebut Segway tidak dapat diaktifkan

Aneka Model Segway

1. Segway i2 Cargo

Bila Segway i2 dirubah dengan tambahan tempat bagasi. Disebut sebagai Segway i2 Cargo.
Segway i2 Cargo ditujukan bagi untuk karyawan atau pabrik, ditujukan dengan ruang kerja yang luas. Kecepatan Segway i2 Cargo dapat mendukung kecepatan mobilitas karyawan. Seperti para insinyur atau staf khusus yang harus hilir mudik dalam melakukan pekerjaan, tentu membutuhkan waktu bila berjalan kaki.

Dengan Segway i2 Cargo, para karyawan akan lebih mudah berpindah tempat. Ditambah barang yang perlu dibawah dapat dimasukan kedalam 2 cargo disisi alat Segway i2.
Alat ini hanya memerlukan pengisian baterai dan tidak memerlukan bahan bakar seperti kendaraan bermotor serta ukuran yang kecil. Sehingga mudah dibawa masuk kemana saja.

Unit Cargo dapat dipesan secara terpisah.

 

2. Segway x2 Golf

Segway dengan Golf

Membawa stick golf dengan kendaraan 4 roda di area permainan Golf sudah jarang ditemukan. Kendaraan mobil golf dengan bobot lebih berat ternyata merusak rumput dari lapangan golf. Pilihan yang ada adalah mengunakan Caddy Golf atau membawa tas golf sendiri.

Bermain golf dengan membawa tas ke lapangan umumnya membuang waktu permainan dan tidak praktis. Disisi lain untuk pemain golf tidak memiliki banyak waktu. Juga masala privasi bila membawa kolega bisnis dan ingin membicarakan secara pribadi ketika bermain golf bersama.

Segway lebih praktis tanpa menganggu privasi

Dengan Segway x2 Golf dirancang khusus untuk pemain golf. Kendaraan mobil golf akan digantikan dengan alat Segway x2 yang lebih kuat di medan rumput. Penumpang dan tas golf dapat dibawah bersama Segway x2 sehingga lebih praktis. Waktu lebih singkat ketika menempuh hole demi hole. Setidaknya bermain golf akan lebih mudah dan waktu tidak banyak terbuang.

Segway x2 untuk golfer memiliki ukuran dan permukaan berbeda dari rancangan ban Segway lain. Ban Segway Golf dirancang dengan permukaan agak kasar dan lebar, sehingga tidak merusak rumput lapangan golf.

Bila pengelola lapangan golf bisa menyediakan pilihan pemain golf untuk mengunakan Segway x2 Golf dan menjadikan Segway sebagai alternatif kendaraan dalam bermain Golf. Dipastikan banyak pemain golf akan merasa lebih praktis, menghemat waktu permainan dan memiliki privasi tersendiri.

Tambahan layanan transportasi bagi pemain golf dengan unit Segway tentunya akan meningkatkan layanan dari pengelola. Pemain golf bisa diberikan fasilitas tambahan bersama Segway, apakah dengan sistem rental atau member khusus yang mendapatkan fasilitas Segway.

 

Spesifikasi Segwai I2 dan x2

Segway i2

  • Designed for operation over normal terrain.
  • Available in white, black, & sage
  • Max Speed: 20 km/h
  • Range: 38 km (jarak tempuh normal)
  • Weight: 105 lbs /47.7kg
  • Carry Capacity: 260 lbs / 100kg atau kurang.

Segway i2 diperuntukan bagi jalan yang rata. Dapat digunakan untuk transpotasi, kendaraan di dalam lingkungan pabrik, gudang, kampus, wilayah patroli dengan area yang luas.

Segway x2

  • Provides enhanced performance on varied terrain. Dirancang untuk medan lebih berat dengan mengandalkan ban dan tenaga power motor listrik lebih besar
  • All-terrain tires. Ban khusus.
  • Max Speed: 20 km/h
  • Range: 19 km untuk medan datar, atau conblock
  • Weight: 120 lbs / 54.4kg
  • Carry Capacity: 260 lbs / 100kg atau kurang.

Segway X2 diperuntukan bagi medan kasar, seperti jalan tanah yang tidak rata. Disain x2 memiliki kekuatan motor lebih besar dibanding i2.

Pemilik Segway dapat memesan tipe ban yang dibutuhkan. Baik bagi medan rumput, tanah dengan ban permukaan kasar, atau ban dengan jalan halus dan licin dengan permukaan semi slick.

Untuk pengisian baterai, Segway mengunakan baterai Lithium Ion dengan rata rata waktu pengisian selama 5 jam.

Categories: tekno | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: