Diabetes Penyakit Mematikan di Dunia

detail berita

Diabetes (Foto: diabetes.co.uk)

DIABETES kini menjadi penyakit yang paling banyak diderita penduduk dunia. Parahnya, banyak orang yang tidak menyadari dan tidak terdiagnosa diabetes.

International Diabetes Federation (IDF) melaporkan jumlah penderita diabetes saat ini diperkirakan mencapai 371 juta orang, naik dari angka 366 juta pada tahun lalu. Angka ini akan terus naik, hingga diperkirakan pada 2030 akan mencapai 552 juta orang yang menderita diabetes, demikian yang dilansir Health24.

Di banyak Negara, diabetes menjadi salah satu penyakit yang sangat di khawatirkan. Negara-negara barat memiliki masalah diabetes akibat dari banyaknya kasus obesitas dan kurangnya olahraga.

Sementara di negara miskin, penyakit ini juga meluas dengan cukup cepat. Berbarengan dengan urbanisasi, empat dari lima penderita diabetes saat ini tinggal di negara yang berpenghasilan rendah dan menengah.

Negara Cina merupakan negara dengan penderita diabetes mencapai 92.300.000 orang. Ini adalah angka paling tinggi dibanding negara lain. Di negara-negara di kawasan Afrika juga mengalami masalah kesehatan yang cukup rumit, karena mereka memiliki fasilitas kesehatan yang sangat minim.

IDF memperkirakan bahwa, secara global, 187 juta orang belum tahu bahwa mereka menderita kondisi tersebut. Diabetes saat ini menjadi penyakit kronis, hampir sejajar dengan kanker, penyakit kardiovaskular, dan juga penyakit pernafasan. Kampanye kesehatan saat ini tengah digalakkan untuk mencapai targer MDGs pada 2015 mendatang. (ina)

Categories: Diabetes, kesehatan | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: