Peluang Usaha Cafe Yoghurt

Cerita ini berawal saat saya pulang kampung, disana ada yang menjual yoghurt yang di bekukan dengan ukuran kecil dan harga Rp 500 saja. Yoghurt ini di titipkan di toko toko yang memiliki freezer atau numpang di freezer milik perusahaan Ice cream, rasanya lumayan untuk ukuran Rp 500. saya pun lalu menyempatkan diri mampir ke Cafe khusus yoghurt dan menikmati segarnya rasa yoghurt .

Sebenarnya yoghurt merupakan susu asam hasil fermentasi dari susu, yang mengandung 2 jenis pribiotik atau bakteri yang baik bagi tubuh yaitu bakteri Lactobacillus dan Bifidobachterium. Selain itu yoghurt juga sangat dianjurkan bagi kesehatan tubuh kita karena yoghurt dapat memperlancar masalah pencernaan, menurunkan berat badan, dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah jika diminum secara teratur setiap hari.

Apabila anda ingin mencoba peluang usaha yoghurt ini yang terpenting adalah kreatifitas rasanya dan strategi pemasaran. Anda mungkin bisa mulai membuka kios kecil /stand kecil yoghurt di komplek anda atau di depan minimarket di daerah anda atau anda juga bisa membuka pasar yang lebih spesifik lagi yaitu membuka tempat atau join di foodcourt yang ada di swalayan atau mall sekitar anda. Selain itu anda juga bisa berjualan dari satu sekolah ke sekolah lainnya atau menjual yoghurt kemasan beku seperti di atas.

Peluang Usaha Cafe Yoghurt

Peluang usaha ini bisa sangat sukses dengan keuntungan yang berlipat tergantung sarana promosi anda,silahkan kebangkan kreatifitas anda jika ingin sukses dalam menjalankan usaha jual yoghurt tersebut. Jika usaha stand anda mulai di kenal anda bisa memulai dengan membuka Cafe dengan produk unggulannya yoghurt, anda bisa mengkombinasikannya dengan Ice Cream dan Cake sebagai teman yoghurt anda. Ingat buatlah suatu Brand atau merek untuk Yoghurt anda karena ini bisa membuat anda mudah di ingat.

Berikut contoh resep cara membuat yoghurt.

Bahan :
– 1 liter susu murni
– Bibit yoghurt 5% dari banyaknya susu murni atau yogurt plaint biasa tanpa rasa. bisa anda dapatkan di supermarket atau toko bahan kue / makanan

Cara Membuat :
– Panaskan susu dengan api kecil sambil diaduk-aduk selama 30 menit tetapi jangan sampai mendidih. Langkah ini bertujuan untuk menguapkan air sehingga tidak terbentuk gumpalan atau solid yoghurt.

– Setelah itu angkatlah solid yoghurt tadi dan dinginkan kira-kira hingga hangat-hangat kuku, setelah itu tambahkanlah bibit yoghurt sebanyak 2 – 5 % dari jumlah yoghurt yang telah mengental tadi.

– Diamkan selama 24 jam dalam wadah tertutup untuk menghasilkan rasa asam dan bentuk yoghurt yang kental. Karena semakin tinggi total solid yang terbentuk akan membuat mendapatkan hasil yang semakin bagus.

– Setelah berbentuk yoghurt dapat ditambahkan dengan sirup atau gula bagi yang tidak suka dengan rasa yang terlalu asam, atau bisa ditambah dengan rasa jeruk,strawberry atau rasa yang lainnya.

Jika ingin menyimpan yoghurt dalam waktu yang lama, sebaiknya simpanlah didalam wadah kaca kedap udara dan dalam lemari pendingin agar yoghurt tahan lama. Jika anda memutuskan untuk menjualnya dalam keadaan beku maka anda harus membekukannya mulai dari tempat anda, pengiriman sampai toko pengecer dan di konsumsi dalam keadaan beku. karena yoghurt yang di bekukan akan mengental dan kurang enak bila di konsumsi dalam keadaan cair kembali.

Advertisements
Categories: peluang usaha | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: