Peluang Usaha Ayam Bakar

Ayam Bakar adalah masakan khas ayam yang juga banyak di gemari orang dari berbagai kalangan selain pecel ayam, ayam bumbu rujak atau ayam betutu. Menu makanan favorit ini biasanya di buat dari ayam berukuran sedang. Ayam biasanya disiapkan dalam keadaan sudah di kukus dengan bumbu bumbu dan baru di bakar saat ada pesanan hingga bisa di sajikan dalam keadaan panas ke pelanggan. Ayam bakar di sajikan dengan nasi putih dan nasi uduk dengan di sertai sambal dan lalapan.

Deskripsi Usaha Ayam Bakar

Bahan Baku Ayam Bakar
Bahan baku utama tentu saja ayam. Mengingat prosesnya yang sedikit rumit dan memakan waktu, banyak orang lebih memilih untuk membeli dari pada membuat sendiri ayam bakar favorit mereka. Hal inilah yang membuat peluang usaha ayam bakar terbuka sangat lebar.
Ayam bakar sendiri sangat beragam jenisnya, mulai dari ayam bakar rica rica, ayam bakar bumbu rujak,ayam bakar paniki maupun ayam bakar mentega dan yang lainnya. Dikarenakan persaingan usaha ayam bakar ini cukup ketat maka ayam bakar buatan anda haruslah memiliki cita rasa dan ciri yang khas, baik dari segi rasa, sambal maupun merek dagang yang anda gunakan. Anda harus memiliki Resep Ayam Bakar yang khas.

Tempat Usaha Ayam Bakar
Bila anda akan membuka usaha ayam bakar, pastikan dulu bahwa di sekitar tempat usaha anda tersebut  tidak memiliki banyak pesaing. Ini untuk meminimalkan persaingan dan saling berebut pelanggan dengan cara yang tidak sehat. Peluang usaha ayam bakar bisa di dirikan di daerah yang ramai, seperti di pinggiran jalan raya atau di depan pusat perbelanjaan.

Perlengkapan Usaha Ayam Bakar
Anda harus meilikibeberapa perlengkapan untuk usaha ayam bakar, diantaranya gerobak atau etalase, alat panggangan, kipas angin atau kipas tangan dan peralatan makan serta meja kursi walaupun sebagian besar pembeli akan membeli untuk di bawa pulang. Berikut adalah daftar perkiraan harga dari perlengkapan yang anda butuhkan.

Perlengkapan Harga ( Rp )
Etalase atau Gerobak 1.500.000 – 2.000.000
Alat panggangan 300.000 – 400.000
Panci dan peralatan makan 400.000 – 500.000
Kipas angin kecil 50.000 – 100.000
Meja dan kursi 400.000 – 500.000
Perlengkapan lain 100.000 – 200.000

Karyawan
Satu orang karyawan sudah cukup membantu anda, namun saat ramai seperti di akhir pekan anda dapat menggunakan tenaga lepas yang di bayar harian. Karyawan lepas bisa anda bayar antara Rp 50.000 – Rp 100.000
sedangkan karyawan tetap bisa di gaji sekitar Rp 700.000 – Rp 900.000

Promosi
Anda bisa membuat banner atau spanduk di depan atau sekitar usaha anda, anda juga bisa menjual ciri khas usaha ini dengan cara menggantung beberapa ekor ayam yang sudah di bumbui di etalase atau gerobak anda. Gantungan ayam yang menggugah selera dapat mengundang orang orang yang pada awalnya sekedar lewat menjadi mampir ke usaha ayam bakar anda.

Harga Jual Ayam Bakar
Harga ayam bakar bervariasi, untuk perpotongnya berkisar antara Rp 8.000 – Rp 12.000 sudah lengkap dengan sambal dan lalapan, sedangkan untuk ayam bakar utuh berkisar Rp  30.000 per ekor

Resiko Usaha
Banyaknya usaha ayam bakar membuat anda bersaing cukúp ketat, cita rasa yang khas dari ayam bakar anda dengan rasa yang enak di lidah pelanggan adalah solusi bagi usaha ayam bakar anda

Advertisements
Categories: peluang usaha | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: