NEBULA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nebula emisi Triangulum NGC 604 terletak di dalam lengan spiral Galaksi M33, 2.7 juta tahun cahaya dari Bumi. Nebula ini adalah daerah tempat terbentuknya bintang-bintang.

Nebula (Latin: “kabut”; pl. nebulae atau nebulæ, dengan ligatur) adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma. Awalnya nebula adalah nama umum yang diberikan untuk semua obyek astronomi yang membentang, termasuk galaksi di luar Bima Sakti (beberapa contoh dari penggunaan lama masih bertahan; sebagai contoh, Galaksi Andromeda kadang-kadang merujuk pada Nebula Andromeda).

 

Dalam pelajaran fisika pasti pernah dibahas tentang teori nebula, dimana yang dimaksud pengertian nebula adalah suatu kabut suram yang terdapat diluar angkasa, kabut yang seperti asap ini terdiri dari gas, debu, dan juga plasma. Pada mulanya, para astronom memberikan nama nebula pada semua obyek yang membentang diluar angkasa, jadi termasuk juga galaksi didalamnya. Tapi untuk galaksi kita (galaksi Bima Sakti) tidak pernah disebut dengan nama nebula.

Kumpulan plasma dan juga benda-benda luar angkasa yang membentuk nebula ini kalau dilihat dari kejauhan sangat indah, menciptakan suatu imajinasi yang unik diluar angkasa, hal ini membuktikan betapa besarnya kuasa Tuhan terhadap semua ciptaanNya.

Berikut beberapa penampakan nebula, sumber gambar Wikipedia.

 

 

 

 

New Clues to the Most Amazing Shapes in Space

Advertisements
Categories: astronomi, sains | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: