White abalone (tiram putih)

 

detail berita

Tiram Putih (Foto: Latimes)

CALIFORNIA – White abalone (tiram putih), kerang langka yang hidup di laut, pantai California Selatan ini mengalami penurunan populasi yang drastis selama satu dekade terakhir. Studi mengenai biota laut itu pun menunjukkan bahwa kerang laut tersebut terancam punah.

Dilansir Latimes, Kamis (5/7/2012), hasil penelitian yang diterbitkan pekan ini, ilmuwan dari National Oceanic and Atmospheric Administration melaporkan “penurunan dramatis dan berkelanjutan” dalam populasi kerang laut bercangkang keras. Sebuah tren yang menunjukkan hasil memburuk, sejak mereka dilindungi dari penangkapan biota laut yang berlebihan pada 1990-an.

Melalui survey bawah laut menemukan adanya penurunan sekira 78 persen pada jumlah tiram putih di lepas pantai San Diego sejak 2002. Dengan sebagian dari populasi mereka yang tersisa, yang juga telah memiliki usia yang tua atau terisolasi satu sama lain, mereka tidak bisa lagi bereproduksi.

Para peneliti mengatakan, tanpa kemampuan untuk menelurkan generasi baru, biota laut yang mengalami penuaan dan mampu hidup sampai 35 tahun itu, tidak akan dapat melanjutkan keberlangsungan hidup spesiesnya.

“Pada titik inilah, tanpa campur tangan manusia, spesies itu bisa punah di dalam kehidupan kita,” ujar Melissa Neuman dari NOAA National Marine Fisheries Service, penulis studi sekaligus kordinator pemulihan tiram putih.

“Studi ini menyoroti tentang pentingnya penangkaran,” kata Kevin Stierhoff, penulis utama dalam studi dan riset biologi perikanan dari NOAA Southwest Fisheries Science Center di La Jolla. Ia mengatakan bahwa University of California, Aquarium of the Pacific dan Cabrillo Marine Aquarium tengah bekerja pada program penangkaran tiram putih tersebut.

sumber : okezone

Advertisements
Categories: Flora & Fauna | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: