10 POHON TERTUA DI DUNIA

Pohon selain sebagai penghasil oksigen untuk kelangsungan kehidupan. Ternyata juga dapat berumur sangat panjang. banyak  pohon-pohon didunia ini yang telah berusia ratusan bahkan ribuan tahun. Menjadi saksi sejarah, hidup dari generasi ke generasi bahkan ada yang hidup lintas zaman. Dibawah ini adalah 10 pohon tertua di dunia, walaupun mungkin ada yang sama tuanya spt dalam daftar.

Saat ini pohon ini diperkirakan berusia 4.841 tahun, ini adalah pinus Bristlecone kuno tertua  di Bumi.Terletak di White Mountain California, di Inyo National Forest, lokasi yang sebenarnya dari Metusalah inidisimpan rahasia  untuk melindunginya dari masyarakat. (Sebuah contoh pohon yang lebih  tua bernamaPrometheus, yang berumur lebih dari 5.000 tahun, telah ditebang oleh seorang mahasiswa US Forest pascasarjana pada tahun 1964.) Hari ini Anda dapat mengunjungi hutan di mana Metusalah disembunyikan,tapi Anda harus menebak di mana pohon berada

Sarv-e Abarqu, juga disebut “Zoroaster Sarv,” adalah pohon cemara di provinsi Yazd , Iran. Pohon itu diperkirakan setidaknya sudah berumur 4.000 tahun dan telah menjadi saksi awal peradaban manusia,pohon ini dianggap sebagai monumen nasional Iran. Banyak ilmuan telah mencatat bahwa Sarv-e Abarqu kemungkinan besar adalah makhluk hidup tertua di Asia.

yew adalah pohon yang luar biasa, berada dalam wilayah gereja kecil, Gereja St Dygain didesa Llangernyw , utara Wales. berusia Sekitar 4.000 tahun, Yew Llangernyw ditanam kira pada Zaman Perunggu prasejarah – dan itu masih terus berkembang! Pada tahun 2002, dalam perayaan tahun Yobel keemasan Ratu Elizabeth II, pohon ini ditunjuk sebagai salah satu dari 50 pohon Inggris Raya oleh Dewan Pohon
.

4. Alerce

Alerce adalah nama umum untuk Fitzroya cupressoides, spesies pohon yang menjulang tinggi asli pegunungan Andes. Banyak dari jenisnya telah hidup pada abad 19 dan 20. Banyak ahli botani percaya bahwa mereka adalah pohon-pohon hidup kedua tertinggi di Bumi selain dari pinus Bristlecone Amerika Utara. Untuk saat ini, contoh tertua yang diketahui adalah 3.640 tahun.
5. Pohon Senator

Senator, terletak di Florida, adalah pohon cemara gundul terbesar di Amerika Serikat, dan secara luas dianggap yang tertua dari jenisnya yang diketahui. Kemungkinan pohon terbesar AS dari setiap spesies timur Sungai Mississippi. Diperkirakan umurnya sekitar 3.500 tahun, Senator itu digunakan sebagai tengara untuk orang Indian Seminole dan suku-suku asli lainnya. Ukuran Senator adalah sangat mengesankan karena telah mengalami banyak badai, termasuk satu pada tahun 1925 yang mengurangi tingginya sebesar 40 kaki. Pohon itu mendapatkan namanya dari dari Senator M.O. Overstreet, yang menyumbangkan pohon dan lahan sekitarnya pada tahun 1927.
6.
Patriarca da Floresta 

Pohon ini, sebuah contoh dari spesies Cariniana legalis bernama Patriarca da Floresta di Brazil, diperkirakan sekitar telah berumur 3.000 tahun, sehingga yang tertua non-konifer di Brasil. Pohon ini diyakini suci, tetapi spesies dari pohon ini terancam akibat pembukaan hutan di Brazil, Kolombia dan Venezuela
7. Olive Tree dari Vouves 

Ini pohon zaitun purba terletak di pulau Kreta Yunani dan merupakan salah satu dari tujuh pohon zaitun di Mediterania yang diyakini setidaknya telah berumur 2.000 sampai 3.000 tahun. Meskipun usia pastinya tidak dapat diverifikasi, Pohon Zaitun Vouves mungkin yang tertua di antara mereka, diperkirakan lebih dari 3.000 tahun. Ini masih menghasilkan buah zaitun, dan sangat berharga. Pohon zaitun yang kuat dari kekeringan, penyakit dan tahan api – bagian dari alasan untuk umur panjang mereka dan mereka digunakan secara luas di wilayah tersebut.
8. Jomon Sugi

Jomon Sugi, yang terletak di Yakushima, Jepang, adalah pohon cryptomeria tertua dan terbesar di pulau itu, dan merupakan salah satu alasan mengapa pulau ini diangkat menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Pohon itu berusia setidaknya 2.000 tahun, tetapi beberapa ahli percaya itu bisa lebih tua dari 5.000 tahun. Dalam teori itu, mungkin saja Jomon Sugi adalah pohon tertua di dunia – bahkan lebih tua dari Metusalah. Terlepas dari angka, itu adalah pohon yang patut disebutkan di sini.
 9. Chestnut Tree

Pohon ini, yang terletak di Gunung Etna di Sisilia, adalah pohon kastanye terbesar dan tertua di dunia. Diyakini berusia antara 2.000 dan 4.000 tahun, usia ini pohon sangat mengesankan karena Gunung Etna adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Pohon itu berada hanya 5 km dari kawah Etna. Nama pohon berasal dari sebuah legenda di mana satu pasukan dari 100 ksatria yang terjebak dalam badai parah. Menurut legenda, semua dari mereka mampu berlindung di bawah pohon besar. Hal ini tercantum oleh Guinness World Records sebagai memiliki “lingkar pohon terbesar yang pernah ada yaitu berdiameter 190 meter .
10 Jenderal Sherman

Diyakini berusia sekitar 2.500 tahun, Jenderal Sherman adalah sekuoya raksasa terkuat yang masih berdiri. Volume batangnya saja membuat pohon non-klonal dengan volume terbesar di dunia, meskipun cabang terbesar terhenti pada tahun 2006, pohon ini dapat menghancurkan bagian dari pagar yang melingkarinya dan kawah trotoar dari jalan sekitarnya. Mungkin ini adalah tanda bahwa Jenderal Sherman tidak dapat dikurung ? Sherman dapat ditemukan di Sequoia National Park di California, di mana lima dari 10 pohon terbesar di dunia berada disini.

Referensi : Muhammad Irfan

Advertisements
Categories: Flora & Fauna | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: