7 Babak Sejarah OS Ponsel Microsoft

engadget

KOMPAS.com – Sistem operasi ponsel pintar Windows Phone 8 akhirnya resmi dirilis pada 29 Oktober 2012. Pada bulan November mendatang, para produsen ponsel mulai menawarkan produk Windows Phone 8 di pasar global.

Sebenarnya Microsoft punya pengalaman cukup panjang dalam bisnis sistem operasi ponsel. Bisnisnya dimulai dari Pocket PC, beralih ke Windows Mobile, dan sekarang mengusung nama Windows Phone.

KompasTekno akan membawa Anda bernostalgia dalam sejarah singkat ponsel Windows dan tampilan antarmukanya.

1. Pocket PC
1 - Pocket PC
Pocket PC 2000 pertama kali muncul pada tahun 2000 (kode nama Rapier), yang menggunakan inti program (kernel) Windows CE. Perangkat dengan Pocket PC disebut-sebut sebagai komputer dalam genggaman.

Kala itu, ada perangkat Pocket PC yang didesain dengan papan ketik ukuran kecil berformat QWERTY, dan dilengkapi dengan pena stylus untuk menavigasi layar.

Pocket PC sudah dapat melakukan beberapa kemampuan yang ada di komputer pribadi. Microsoft mempersilakan pihak ketiga dalam mengembangkan aplikasi untuk Pocket PC.

Pada Oktober 2001, Microsoft mengumumkan Pocket PC 2002 (kode nama Merlin). Versi ini mengakhiri penggunaan nama Pocket PC pada sistem operasi telepon genggam Microsoft.

2. Windows Mobile
2 - Windows Mobile
Sebelum Windows Phone ada, sistem operasi ponsel pintar besutan Microsoft diberi nama Windows Mobile. Nama ini pertama kali diusung pada 2003. Microsoft mempersilakan produsen ponsel pintar lain untuk mengadopsi Windows Mobile.

Penamaan Windows Mobile dimulai dari Windows Mobile 2003, Windows Mobile 2003 SE, Windows Mobile 5, Windows Mobile 6, Windows Mobile 6.1, dan terakhir pada September 2009, adalah Windows Mobile versi 6.5.

3. Evolusi tampilan antarmuka sistem operasi Windows Mobile
3 - Evolusi tampilan antarmuka Windows Mobile

Gambar-gambar di atas merupakan tampilan antarmuka Pocket PC dan Windows Mobile sejak tahun 2001 hingga 2009. Jika diperhatikan, tampilan antarmukanya mirip dengan Windows 98, Windows Me, dan Windows 2000

4. Windows Phone 7
4-  Windows Phone 7
Microsoft memutuskan untuk mengubah nama Windows Mobile menjadi Windows Phone, yang dimulai dari versi 7. Perangkat ponsel pintar pertama yang berjalan dengan Windows Phone 7 adalah HTC Surround dan Samsung Focus pada November 2010.

Setelah itu, beberapa produsen ponsel lain, termasuk Nokia, ikut membuat ponsel Windows Phone 7.

5. Windows Phone 7.5
5 - Windows Phone 7.5

Microsoft memperbarui Windows Phone ke versi 7.5 pada bulan Mei 2011. Versi ini diberi kode nama “Mango.” Akhir 2011, beberapa produk dengan Windows Phone 7.5 akhirnya dirilis, termasuk Nokia Lumia.

6. Windows Phone 7.8
6 - Windows Phone 7.8
Windows Phone 7.8 punya kode nama “Tango.” Versi ini memperbaiki bug yang membuat papan ketik virtual sering hilang ketika pengguna sedang mengetik. Sedangkan pembaruan dari sisi fiturnya tidak terlalu banyak.

7. Windows Phone 8
7 - Windows Phone 8
Windows Phone 8 diumumkan pada Juni 2012, namun ia secara resmi baru dirilis pada 29 Oktober 2012. Terjadi banyak perubahan pada Windows Phone 8, antara lain mendukung penggunaan prosesor multi-core, resolusi layar yang lebih tinggi, dan mendukung penambahan kartu memori eksternal.

Di Windows Phone 8, Microsoft memutuskan untuk tak lagi menggunakan kernel Windows CE. Windows Phone 8 menggunakan kernel Windows NT, sebuah kernel yang juga digunakan di sistem operasi Windows 8 untuk komputer dan tablet. Ini menyebabkan ponsel-ponsel Windows Phone versi 7 tak dapat diperbarui ke Windows Phone 8.

Advertisements
Categories: gadget, ponsel, tablet | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: