Ngafal Quran itu Mudah

Oleh . Ust Yusuf Mansur

Metode: ODOA.

Summary Metode:

#STEP 1. DENGERIN bacaan Imam al Ghomidi, per ayat (jika pendek), atau per baris, jika ayatnya panjang, SEBANYAK 20x, sambil MEGANG mushaf, liatin terus dengan mata (bila bisa melihat), dan ikutin bacaannya DALAM HATI. Jangan kurang dari 20x, dan jangan merasa bisa, jangan merasa hafal. Untuk dapetin Ukuran Hafalan Bagus. Sebab kadang, baru 3x dah merasa hafal, inget, padahal itu baru hafalan SEMENTARA.

#STEP 2: Dengerin ULANG sebanyak 20x LAGI, tapi sambil buka tutup mata. Ganjil, buka mata, genap, tutup mata. Bacaan pertama di 20x kedua, buka mata, bacaan kedua, tutup mata, dan terus begitu, sampe 20x. Jangan merasa lelah. Dan jangan ampe kurang. Untuk dapetin bener-bener Ukuran Hafalan Bagus. Kalo engga, nanti akan terus kayak ngafal dari 0 bila ga disiplin.

Di step 2 ini, lisan mulai ikut bacaan imam dengan dikeraskan, tidak dalam hati.

#STEP 3: kita baca 20x, TANPA bacaan Imam, dan TANPA melihat mushaf sama sekali.

#Ulangi langkah yang sama untuk ayat 2, 3, 4, dan 5. Atau untuk baris 2, 3, 4, 5 jika ayatnya panjang.

Setiap mau melangkah ke ayat berikutnya, ULANGI dulu ayat atau baris yang telah dihafal, minimal 3x.

Misal, sebelum ayat/baris ke-3 dimulai, maka ayat/baris 1&2 nya diulang dulu 3x. Baru kemudian lanjut ayat/baris ke-3 dg cara yg sama.

Kalau sudah 5 ayat atau 5 baris, maka ulangi keseluruhannya 20x, jangan menambah dulu.

Lakukan langkah yang sama u/ ayat 6, 7, 8, 9, 10, atau baris 6, 7, 8, 9, 10. Juga untuk ayat 11, 12, 13, 14, 15, atau baris 12, 13, 14, 15.

Jika megangnya adalah ukuran baris, maka 15 baris itu, 1 halaman muka.

Juz 30 itu, 271 baris, termasuk ayat2 dan surah2 yg sudah familiar duluan: surah2 pendek. Jika sama sekali ga hafal, totalnya 271 baris.

Jika sehari sebaris saja, 271 hari. Dan itu sama dengan 9 bulan. Jika ngafalnya 2 baris, 4,5 bulan. Jika ngafalnya 4 baris, sktr 2 bulan, dah hafal Juz ‘amma. InsyaAllah dengan hafalan yg baik, dan suaranya relatif sama dengan suara imam yang dipilih. InsyaaAllah kebawa dah.

Dari 7 hari, sisakan 1 hari u/ hanya muroja’ah (mengulang) hafalan yg dihafal, tanpa tambahan.

Categories: religi | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: