Sepeda Fixie

Sepeda Fixie atau fixed gear (bergigi tetap) merupakan sepeda dengan satu kecepatan yang biasa digunakan pembalap trek di Velodrome. Asal muasal sepeda ini diberi nama fixie karena gear bagian belakang sepeda ini fixed / tidak dinamis. Karena sepeda fixie memiliki gear yang tetap, maka jika dikayuh kebelakang yang terjadi adalah sepeda akan mundur kebelakang. Salah satu fungsi dari gear tetap yang digunakan pada sepeda fixie adalah untuk melakukan pengereman, karena sepeda fixie memang tidak mempunyai rem tangan layaknya sepeda biasa. Untuk saat ini tidak semua sepeda fixie memakai gear tetap, karena ada juga yang menggunakan torpedo dimana untuk melakukan pengereman cukup dengan menahan pedal sepeda kebagian belakang.

Untuk mendapatkan sepeda fixie ada 2 pilihan yang bisa anda lakukan :

  1. Langsung membeli dalam bentuk jadi sepeda fixie, jika budget anda banyak tidak ada masalah untuk membeli sepeda fixie. Karena dapat menghemat waktu dan juga tenaga
  2. Dengan cara merakit. Inilah salah satu keunikan sepeda fixie, jika anda tidak mempunyai budget berlebih atau anda ingin mempunyai sepeda yang lain dari pada yang lain, tidak ada salahnya anda merakit sendiri sepeda fixie. Caranya cukup membeli rangka sepeda polos dan diberi warna sesuai keinginan dan sisanya anda dapat membeli satu persatu sparepart sepeda fixie.
Sparepart Sepeda Fixie :
Frame

Frame merupakan bagian utama sepeda fixie. Frame sangat dominan dalam membentuk tampilang sepeda fixie anda. Saat ini sepeda fixie memiliki pilihan frame yang beraneka macam, mulai dari model standar hingga model custom yang cukup unik dan kreatif.
Crank

Crank merupakan gear yang menyatu dengan tangkai pedal. Ukuran dan jumlah runcingannya berbeda-beda pada tiap seri, semakin besar ukurannya maka kayuh yang dibutuhkan semakin sedikit. Sehingga ukuran crank yang lebih besar biasanya lebih cepat dibanding crank yang ukurannya lebih kecil. Pada sepeda fixie, terdapat berbagai macam crank dengan aneka design motif dan design warna yang daoat disesuaikan dengan warna dan motif sepeda fixie yang akan anda rakit.
Ban
Agar sepeda fixie rakitan anda terlihat modis dan menarik, maka pilihlah warna ban yang sesuai dengan warna frame sepeda fixie anda sehingga akan terlihat matching. umumnya ban sepeda fixie menggunakan ukuran Road bike (sepeda balap) atau Hyrid bike (sepeda dalam kota).
Stang
Sepeda fixie memiliki banyak varian stang, baik yang model standar hingga model balap dengan warna-warna yang menarik. Jadi pilihlah sesuai dengan kenyaman anda dan warna dari sepeda fixie anda.

Gear Hub

Gear hub merupakan bagian yang cukup vital pada sepeda fixie, gear yang digunakanpun harus yang sesusai dengan hub yang digunakan dan juga berpengaruh terhadap jari-jari yang digunakan pada rim atau velg sepeda fixie. Gear tetap (fixed) yang membuat sepeda fixie tidak perlu menggunakan rem tangan.

Rim atau Velg

Rim atau velg pada sepeda fixie merupakan ciri khas dari sepeda fixie sendiri. Velg sepeda fixie sendiri mempunyai warna-warna yang cukup menarik dan diameternya dapat kita pilih sesuai dengan keinginan. Jadi pilihlah sesuai dengan budget dan keinginan anda.

sumber : http://damarshare.blogspot.com

Categories: Hobi unik | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: