Diabetes dan Gagal Ginjal Sembuh Lewat Cangkok Pankreas dan Ginjal

Dr Victor Lee (Foto: detikHealth)

Singapura, Lebih jahat dari pencuri, penyakit diabetes selalu datang tanpa diundang namun tak kunjung mau pergi. Penyakit ini merupakan induk dari berbagai masalah kesehatan seperti stroke, hipertensi, jantung koroner dan disfungsi ereksi. Tapi kini, dokter di Singapura bisa mengusir diabetes dengan transplantasi pankreas.

Penyakit diabetes atau kencing manis dimulai dari rendahnya insulin di dalam tubuh yang berfungsi menyerap gula dari makanan. Akibatnya, kadar gula di dalam darah menumpuk dan memicu komplikasi. Insulin dikeluarkan oleh organ pankreas yang berfungsi utama sebagai pengatur kadar gula darah.

“Sebenarnya tanpa pankreas pun pasien masih bisa hidup. Dia bisa mendapat suntikan insulin untuk mengatur kadar gula darah. Tapi jelas kualitas hidupnya akan sangat terganggu. Apalagi diabetes merupakan penyebab utama gagal ginjal sehingga pasien memerlukan cuci darah rutin,” kata dr Victor Lee, konsultan dari departemen bedah Singapore General Hospital.

Hal itu dikemukakan dr Victor dalam acara 19th Asian Congress Surgery yang diselenggarakan di Gedung The Academia, Singapore General Hospital seperti ditulis Senin (22/7/2013). Diabetes sendiri dikenal sebagai penyakit yang tak bisa disembuhkan, terutama diabetes tipe 2 karena tubuh mengalami resistensi insulin.

Pada diabetes tipe 2, tubuh bisa menghasilkan insulin namun tidak dapat dimanfaatkan. Sedangkan pada diabetes tipe 1, tubuh tidak bisa memproduksi insulin sama sekali atau jumlahnya sedikit karena terjadi kerusakan pankreas. Diabetes tipe 1 inilah yang bisa disembuhkan dengan transplantasi pankreas.

Transplantasi pankreas dilakukan untuk mengobati diabetes tipe 1 yang susah dikontrol disertai serangan hipoglikemia mendadak dan dapat mengancam nyawa. Pada penderita diabetes tipe 1 yang mengalami gagal ginjal, transplantasi pankreas dilakukan bersamaan dengan transplantasi ginjal.

“Transplantasi ginjal dan pankreas bersamaan akan lebih ideal jika organnya berasal dari tubuh yang sama, jadi risiko penolakannya akan lebih kecil,” jelas dr Victor.

Sayangnya, tak banyak dokter yang bisa melakukan prosedur transplantasi ginjal dan pankreas secara bersamaan. Di Singapura saja, baru ada 1 pasien yang menjalani operasi ini dibawah penanganan dr Victor. Selanjutnya, masih ada 3 orang pasien lain yang tengah menunggu menjalani prosedur serupa.

Dr Victor sendiri telah berhasil mencatatkan namanya sebagai orang pertama yang melakukan transplantasi ginjal dan pankreas sekaligus di Singapura. Pasien yang dia tangani mengalami diabetes tipe 1 parah sekaligus gagal ginjal. Setelah menjalani operasi selama sekitar 5 – 6 jam, kini pasien sudah sembuh dari diabetes dan gagal ginjal.

“Masalah yang paling sering dialami adalah ketersediaan organ. Tak banyak orang yang mau menyumbangkan pankreas dan ginjal sekaligus atau memperoleh pankreas dan ginjal yang masih bagus dari donor yang sudah meninggal. Terkadang tidak semua bagian pankreas harus diambil, melainkan bagian ujungnya saja yang banyak terdapat sel-sel penghasil insulin,” terang dr Victor.

Jadi, pankreas dapat diambil dari donor yang masih hidup dengan membagi separuh pankreasnya. Namun pankreas yang digunakan pun harus dites dulu agar ditemukan organ yang sangat baik. Dengan kata lain, dokter harus menemukan ‘super pankreas’, dan pemilik pankreas seperti ini pun belum tentu mau menyumbangkan separuh organnya, kecuali kepada orang yang memiliki kedekatan emosional.

sumber: detik.com

Categories: Ginjal, kesehatan | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: