Yusuf Islam

 

Yusuf Islam/Cat Stevens

 

Latar belakang
Nama lahir Steven Demetre Georgiou
Nama lain Steve Adams, Yusuf
Asal London, Inggris
Genre Folk rock
Pop
Nasyid
Puisi
Pekerjaan Pencipta, Musisi, Filantropis,
Instrumen Vokalis, Gitar, Bass, Piano, Mellotron
Tahun aktif 1966–1980 (dengan nama Cat Stevens)
1995–present (dengan nama Yusuf Islam)
Label Decca Records,

Island Records, A&M, Polydor, Jamal Records, Atlantic/Ya Records

Artis terkait Alun Davies
Situs web http://www.yusufislam.org.uk

Cat Stevens pada majalah Rolling Stone.

Cat Stevens (lahir dengan nama Stephen Demetre Georgiou, lahir di London, Inggris, 21 Juli 1948; umur 64 tahun, dan sekarang bernama Yusuf Islam) adalah seorang penulis lagu dan pemusik yang berasal Britania Raya.

Pada awal karier musiknya, Georgiou mengambil nama Cat Stevens. Sebagai Cat Stevens, ia berhasil menjual 40 juta album, kebanyakan pada tahun 1960-an dan 1970-an. Lagu-lagunya yang paling populer termasuk “Morning Has Broken“, “Peace Train“, “Moonshadow”, “Wild World”, “Father and Son”, “Matthew and Son”, dan “Oh Very Young”.

Biografi

Kehidupan awal

Steven Georgiou adalah anak ketiga dari ayahnya yang merupakan seorang SiprusYunani dan ibunya yang berasal dari Swedia. Pada usia 8 tahun kedua orang tuanya bercerai.

1978 : Menjadi Mualaf

Stevens menjadi seorang mualaf dan memeluk agama Islam pada tahun 1978 setelah mengalami near-death experience. Ia lalu mengambil nama Yusuf Islam dan menjadi seorang pendakwah vokal agamanya yang baru. Satu dasawarsa kemudian ada kontroversi ketika ia melontarkan pernyataan mendukung fatwa yang dikeluarkan menentang penulis Salman Rushdie, dan pada tahun 2004 namanya kembali dibicarakan lagi setelah ia ditolak masuk Amerika Serikat karena nama ditemukan pada sebuah daftar tidak boleh terbang (no-fly list). Ternyata terjadi kekeliruan dan yang dicari adalah orang lain bernama Youssouf Islam.

Yusuf Islam sekarang tinggal di London bersama istri dan lima anaknya di mana ia seorang anggota jamaah yang aktif. Ia mendirikan yayasan kemanusiaan Small Kindness yang mulanya menolong korban kelaparan di Afrika dan sekarang membantu ribuan anak yatim dan keluarga di Balkan, Indonesia, dan Irak. Islam juga mendirikan yayasan kemanusiaan Muslim Aid tetapi meninggalkannya sebagai Ketua pendiri pada 1999.[1]

Setelah memeluk Islam, Yusuf Islam sempat ragu untuk melanjutkan kariernya di dunia musik. Saat itu, ia merasa ragu dengan perbedaan pendapat para ulama terkait status halal dan haram seorang muslim bermain musik.

“Aku sempat berpikir untuk berhenti, karena saya menemukan sesuatu yang jauh lebih murni dan suci. Jadi, saya meminta pendapat ulama terkait masalah ini,” kenang pemilik nama Cat Steven ini, dalam wawancara bersama Aljazeera, Kamis (19/4).

Menurut Yusuf, dari pendapat ulama itu, ia mengambil kesimpulan bahwa seorang Muslim harus berhati-hati atas apa yang dilakukan. Sikap itulah yang terkadang tidak diperhatikan seorang Muslim.

“Musik menjadi haram karena ada minum, seks, narkoba dan lainnya. Jadi, saya percaya musik itu tidak dilarang asal ada beberapa poin yang harus anda perhatikan,” kata dia menegaskan.

Kesimpulan itu tidak serta merta mendorong Yusuf untuk kembali ke dunia musik. Butuh waktu cukup panjang untuk memantapkan hatinya guna kembali melangkah. Sang anaklah, yang meyakinkannya untuk kembali bermusik.

“Suatu ketika, anak saya membawa gitar kembali ke dalam rumah. Ketika saya mengambil itu. Saya tiba-tiba sadar, saya memiliki pekerjaan yang harus dilakukan,” kata dia.

“Ia tidak mengatakan apapun. Ia hanya tinggalkan gitar itu untukku, dan aku terkejut bahwa jari-jemari ini tahu apa yang harus dilakukan,” kenangnya.

Diskografi (album)

Sebagai Cat Stevens

Sebuah box set yang mengandung banyak rekaman aneh-aneh dan istimewa serta rekaman live diterbitkan pada tahun 2001.

Sebagai Yusuf Islam

(berbagai sumber)

Categories: kisah mualaf | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: