Yang Tidak boleh Dalam Wirausaha Usaha Kecil

Membangun suatu usaha kecil bisa di bilang gampang gampang susah, ada kalanya usaha seseorang berjalan begitu saja dan tumbuh menjadi besar. Namun, banyak juga yang sudah berusaha berulang kali harus jatuh bangun dan jalan di tempat. Mental yang kuat – dalam hal ini mental pengusaha – memang sangat menentukan dalam usaha kecil manapun, tanpa mental yang kuat modal yang kita miliki akan musnah dengan cepat, tanpa mental yang kuat produk yang sangat inovatif pun dan berpotensipun akan basi, dan tanpa mental yang kuat strategi pemasaran terbaikpun akan gagal.

 

Memang ada yang namanya keberuntungan dalam wirausaha, usaha yang awalnya di jadikan sampingan malah bisa tumbuh besar tanpa disadari dan tak ada yang spesial yang dilakukan. Namun mengandalkan keberuntungan dalam berusaha adalah Absrud, karena tuhan sekalipun melarang orang menggantungkan pada keberuntungan dan menyuruh berusaha, usaha, usaha dan berdoa. Oleh karena itu, mulailah dengan membuka pikiran kita dan menumbuhkan mental wirausaha yang kuat walaupun harus mengalami jatuh bangun dalam usaha kecil yang dialakukan.

 

Berikut ini adalah hal hal yang tidak boleh dalam wirausaha usaha kecil, diantaranya:

 

Terpasung hanya pada satu ide saja dalam waktu yang terlalu lama

Jangan hanya terfokus pada satu ide saja. Ingatlah bahwa ide merupakan hal yang paling utama dalam pribadi wirausahawan. Bermainlah dengan banyak ide dan amatilah ide mana yang menguntungkan dan membuat Anda lebih maju.

 

Tidak memiliki rencana pemasaran

Sebuah rencana pemasaran menciptakan perhatian yang Anda perlukan untuk dapat bertemu dengan orang orang atau wirausahawan yang sesuai dengan Anda. Inilah yang akan menarik orang menuju Anda.

Ada begitu banyak metode yang dapat diterapkan guna memasarkan usaha kecil Anda dengan biaya rendah atau bahkan gratis. Suatu rencana pemasaran yang dilaksanakan dengan penuh efisiensi dan kedisiplinan bisa menyingkirkan kebutuhan guna melakukan promosi yang tidak elegan atau promosi terlarang. Silahka lihat di Strategi Menyusun Rencana Pemasaran

 

Tidak mengenali konsumen Anda

Perubahan perubahan dalam selera dan kesukaan pelanggan serta dalam produk atau layanan pesaing bisa membuat usaha kecil Anda mengalami kemunduran kecuali bila Anda sudah benar benar mengenali konsumen Anda, apa yang konsumen kehendaki sekarang dan apa yang konsumen damba di masa depan, bagaimana pola pembelian konsumen, dan bagaimana Anda bisa menjadi andalan bagi pelanggan walau Anda saat belum mempunyai produk atau jasa layanan yang tepat bagi mereka.

 

Mengabaikan posisi keuangan Anda

Pelanggan tidak akan merespon terhadap produk sehebat apapun dalam jangka waktu yang Anda pikir. Anda memerlukan banyak uang untuk menopang diri Anda untuk sementara waktu.

 

Mengabaikan pegawai

Memotivasi, membimbing, dan mengatur staf adalah beberapa tantangan yang mesti dilakukan dan dihadapi sebagai wirausahawan masa kini. Tanpa adanya kesabaran, keteguhan semangat, dan keterampilan berhubungan dengan orang, masalah Anda akan menjadi bertambah berkali kali lipat. Semangat kerja, produktivitas, dan keuntungan bisa dengan mudah musnah.

 

Keliru memaknai peluang dengan kenyataan

Wirausahawan sukses hidup dalam dunia peluang tetapi mengeluarkan uang di dunia nyata.

 

Tidak ada rencana penjualan

Tanpa satu pun rencana penjualan, tidak ada cara serius untuk mengukur pertumbuhan keuangan serta kemajuan usaha kecil Anda. Anda butuh suatu peta yang realistis tentang dari mana penjualan berasal, bagaimana datangnya dan dari siapa saja.

 

Berjuang keras sendirian

Anda mungkin adalah kunci untuk menuju semuanya tapi Anda tidak bisa melakukan semua hal dan tumbuh secara bersamaan. Bahkan sebuah keberhasilan yang tidak terlalu besar pun bisa membuat Anda kewalahan bila Anda tidak mendapat bantuan dari keluarga atau mempekerjakan karyawan yang tepat dan mendelegasikan tugas dan kewajiban.

 

Tidak memiliki pencetus ide

Buatlah sebuah dewan penasihat atau pembimbing (mentor). Terdengar gila bagi suatu usaha kecil? Tentu saja tidak. Dewan ini bisa saja anggota keluarga atau teman kepercayaan Anda. Mintalah mereka untuk menjadi dewan penasihat Anda dan meninjau rencana dan hasil usaha Anda dengan mereka. Mempunyai seseorang yang bisa dimintai pendapat mengenai suatu ide secara objektif adalah sesuatu yang amat penting.

 

Menyerah

Sebagian besar wirausaha sukses gagal beberapa kali sebelum melakukannya dengan baik. Maka dari itu, jika Anda gagal, gagal saja. Dan gagallah dengan cepat. Dan belajar kembali. Dan coba kembali, kali ini dengan kebijakan yang baru.Jangan menyerah. Namun, jangan pula menderita.

 

Semoga ini bisa membuat kita membuka pikiran kita dan memiliki mental wirausaha, dan bagi yang sudah memulai usaha kecil bisa di jadikan bahan intropeksi bagi diri kita. Semoga kita semua bisa menjadi wirausaha sukses, salam UKM

(source refference: ciputraentrepreneurship.com)

Advertisements
Categories: kisah sukses | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: