Segway, Kendaraan Masa Depan Ramah Lingkungan

Ada pemandangan berbeda di salah satu ruas jalan yang menjadi area Car Free Day pada akhir September lalu. Beberapa orang tampak dengan santai berdiri di atas sebuah kendaraan unik beroda dua sambil melaju dengan kecepatan rendah. Segway, adalah nama dari kendaraan unik tersebut. Segway adalah sebuah mini self-transportation yang menggunakan sumber listrik sebagai penggerak motornya.

Cara kerja dari Segway ini sendiri cukup simpel, dengan penggunaan piranti komputer, Segway dapat menjaga keseimbangan. Penggunaannya pun cukup mudah, pengguna hanya perlu mencondongkan badan sedikit ke depan untuk maju dan condong ke belakang untuk mundur atau berhenti. Bahkan selain maju dan mundur, Segway didesain sedemikian rupa sehingga memudahkan untuk berputar dengan sumbu 360 derajat hanya dengan mencondongkan badan ke arah yang dituju.

Penggunaan baterai berjenis lithium-ion (Li-ion) membuat Segway dapat menjelajah sejauh 38 km dengan kecepatan maksimum 20 km/jam. Baterai jenis Li-ion juga memudahkan untuk diisi ulang, ringan, serta sangat efisien untuk sebuah kendaraan kecil yang diharapkan menjadi kendaraan masa depan. Di masa depan, Segway diharapkan dapat menjadi kendaraan yang hemat biaya dan juga efisien untuk menempuh jarak dekat.

Selain itu, teknologi canggih dari Segway juga termasuk dalam sistem pengamanannya. Segway menggunakan teknologi yang disebut Info Key sebagai sebuah sistem untuk mengaktifkan Segway secara wireless atau tanpa kabel. Tanpa sebuah Info Key itu, Segway tidak dapat diaktifkan dan aman dari tangan-tangan jahil.

Di Indonesia, Segway berada di bawah distribusi PT. Gemini Astrikarya sebagai pemegang merek dagang Segway di Indonesia. Segway yang masuk penjualan area Indonesia terdiri atas dua model, yakni model i2 dan model x2. Perbedaan terdapat pada tampilan dan kekuatan jarak tempuhnya. Model i2 tampak lebih simpel dan memiliki jarak tempuh hingga 38 kilometer, sedangkan model x2 memiliki model yang lebih gagah dengan ban yang lebih besar serta jarak tempuh yang lebih pendek yaitu 20 kilometer. –

See more at:
Categories: SERBA UNIK, tekno | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: