Ilmuwan akan “Hidupkan Kembali” Mammoth?

WASHINGTON – Ilmuwan berencana untuk menghidupkan kembali hewan purba yang telah punah ribuan tahun lalu. Menggunakan teknologi seperti kloning dan genome sequencing (pengurutan gen), ilmuwan mengklaim dapat memunculkan kembali hewan purba yang telah punah.

Dilansir Nbcnews, spesies purba yang hendak dimunculkan kembali ini ialah Mammoth, yang telah punah 3 ribu sampai 10 ribu tahun lalu. Di Maret tahun lalu, ilmuwan di Rusia dan Korea Selatan mengumumkan sebuah kerjasama bahwa mereka akan berusaha untuk mengkloning Mammoth dan menghasilkan spesimen Mammoth yang hidup.

“Ini menggunakan teknologi baru seperti kloning pengurutan gen untuk merekonstruksi spesies yang punah,” ungkap peneliti Carl Zimmer. Ilmuwan sebelumnya telah berhasil mengklaim seekor Domba Dolly pada 1996.

Hewan mamalia tersebut bisa dikloning melalui sel di dalam laboratorium. Ilmuwan asal Spanyol dan Prancis telah bekerja selama bertahun-tahun untuk membawa kembali kambing Pyrenean ibex (Capra pyrenaica pyrenaica) dari kepunahan.

Ilmuwan telah melakukan kloning sel pada hewan tersebut. Namun, hewan tersebut tak dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama. Diketahui hewan tersebut mati setelah 10 menit usai kelahiran.

Peneliti dari Rusia dan Korea berusaha untuk melakukan “penghidupan kembali” pada spesies Mammoth dengan cara melihat jaringan Mammoth berbulu yang diawetkan dalam mesin pendingin di Siberia. Mereka berharap bisa menemukan sel-sel yang cocok untuk kloning. (fmh)

Categories: Flora & Fauna, hewan purbakala | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: