Tardigrade – Hewan Paling Kuat di Bumi

detail berita

Tardigrade (Foto: Wired)

BERLIN – Tardigrade, diklaim sebagai hewan yang paling kuat, tidak hanya di Bumi, tetapi juga di luar angkasa. Hewan ini kabarnya bisa hidup tanpa air, mampu bertahan dalam kondisi temperatur udara yang ekstrem dan radiasi yang kuat.

Dilansir Spacedaily, Senin (31/12/2012), Tardigrade juga mampu bertahan di ruang hampa udara atau luar angkasa. Hewan ini lebih umum disebut “beruang air”, yang memiliki bentuk kecil (panjang tubuh sekira 1,5 mm).

Hewan ini membuka perspektif baru pada proses dehidrasi, yang dapat digunakan tidak hanya untuk mengawetkan makanan, tetapi juga untuk vaksin dan darah. Tardigrade ditemukan dua abad lalu.

Orang pertama yang menemukan Tardigrade merupakan pakar zoologi Jerman, Johann August Ephraim Goeze. Ia telah mengamati Tardigrade sejak 1773. “Hewan kecil ini aneh, karena morfologi luar biasa dan ini mirip beruang dalam miniatur,” ungkap Johann.

Tardigrade dengan bentuknya yang paling kecil, memiliki ukurang kurang dari satu milimeter. Dari sudut pandang evolusi, Tardigrade dapat dikaitkan dengan serangga dan krustasea.

Peneliti mengatakan, hewan berbentuk mungil ini merupakan hewan yang hidup di air. Mereka hidup di habitat air seperti laguna, atau habitat darat seperti tanah atau lumut.

Lebih dari 1000 varietas Tardigrade telah ditemukan. Namun, jumlah spesies yang ada masih belum diketahui. (fmh)

Categories: Flora & Fauna | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: