Manfaat Puasa buat Saraf

SETIAP orang beresiko mengalami kondisi gangguan dan kerusakan saraf. Salah satunya dapat disebabkan karena adanya trauma pada saraf. Namun, kondisi ini bisa diatasi dengan cara berpuasa. Mengapa? simak artikel berikut.

Menurut konsultan neurologis dari Departement Neurologi FKUI/RSCM, Dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), ketika kita berpuasa, tubuh dapat mempunyai kesempatan melakukan detoksifikasi (proses pembersihan racun dari tubuh) yang muncul akibat pola hidup sehari-hari dan mungkin tidak sehat.

“Ketika berpuasa tubuh bisa melakukan proses detoksifikasi atau proses pengurangan kadar racun dari dalam tubuh. Karena zat racun yang tersimpan lemak akan larut, dan dikeluarkan dari tubuh,” ujar Dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K) dalam media workshop bertema “Neuropati & Puasa, Kondisi & Cara Penanganannya” di Pad@28, Jakarta, Selasa 16 Juli 2013.

Lebih lanjut, Dr. Manfaluthy juga mengatakan, berpuasa dapat meningkatkan kondisi mental, kewaspadaan, dan bisa lebih fokus.

“Hal ini karena beberapa hormon tertentu seperti endorfin mengalami peningkatan dalam darah setelah beberapa hari berpuasa,” tambahnya.

Lebih lanjut dokter ramah ini mengatakan, dengan berpuasa tubuh bisa mengalihkan pengunaan glukosa ke lemak, sebagai sumber energi secara perlahan, “Berpuasa dapat mencegah terjadinya kerusakan saraf dan otot,” tutupnya. (tty)

sumber : okezone

Categories: kesehatan | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: