RAHASIA AJAL

Ibnu Umar r.a bertanya “Yaa Rasululloh Siapakah orang mukmin yang paling cerdas?’. Beliau menjawab, “Yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling baik dalam mempersiapkan kematian tersebut, itulah orang yang paling cerdas.’ (HR. Ibnu Majah)

Cerdas tidak dilihat dari nilai, angka, hebat dan cepatnya berfikir tapi lihat dari seberapa kesungguhakan mempersiapkan kematian husnul khotimah. Hidup di dunia hanya mampir sekali dan sebentar saja. Bagi orang beriman kematian itu bukanlah akhir melainkan awal, Awal mendapatkan buah dari amal kita selama hidup di dunia ini.

Kematian mempunyai 3 misteri, yaitu Waktu (kapan kita mati) , Cara (bagaimana kita mati) dan tempat (dimana kita mati). Alloh swt merahasiakan mati pasti untuk kebaikan kita karena tidak ada satupun perbuatan Alloh kecuali baik untuk kita.

Dalam surat Al Asr “Artinya:” Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”

Tak akan rugi yg sibuk dengan ilmu dan amal agar iman semakin kokoh, produktif berbuat kebaikan.. Serta selalu rindu menerima nasehat juga gigih menyampaikan nasehat dalam kebenaran dan kesabaran.. Semoga kapanpun, dimanapun hidup kita berakhir… Husnul khotimah.
KH. Abdullah Gymnastiar

Categories: Uncategorized

Post navigation

Comments are closed.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: