Kurang Subur Juga karena Laki-laki

 

 

 

“Infertil” atau kurang subur sering dimaknai sebagai urusan kaum wanita.Padahal, kaum pria dan wanita sama-sama juga berpotensi menjadi penyebab momongan tak kunjung hadir. Dengan kata lain, infertil adalah persoalan pasangan.

Faktanya, dalam 50 tahun terakhir tingkat kesuburan pria terus berkurang. Pria dewasa ini memiliki tingkat kesuburan separuh dari yang dimiliki pria yang hidup pada dasawarsa 60-an. Infertilitas pria juga terus menurun sampai dua persen tiap tahunnya.

Secara umum dokter menyebutkan bahwa jika suatu pasangan tidak kunjung hamil, sepertiganya adalah adanya masalah pada organ reproduksi wanita, sepertiga karena gangguan pada tubuh pria dan sepertiganya gabungan dari kedua faktor itu.

Dalam sebuah penelitian di Inggris terhadap 708 pasangan yang kurang subur ditemukan kelainan pada sperma sebagai penyebab utama infertilitas.

Lantas, apa saja yang bisa membuat sel sperma berenang lebih lambat, memiliki bentuk yang abnormal sehingga tidak bisa membuahi sel telur? Penyebabnya bisa karena faktor genetik tapi juga bisa dipicu oleh gaya hidup. Berendam di air panas bukan satu-satunya penyebab, masih ada beberapa penyebab kelainan pada sperma lain yang mungkin belum Anda ketahui.

Kelainan genetik

Mutasi genetik yang menyebabkan hilangnya pelapis karbohidrat di sekitar sperma akan mengurangi kemampuan berenang sperma. Jika seorang pria mewarisi gen mutan ini dari ayahnya atau ibunya, mereka akan sulit menghamili.

Obesitas

Kegemukan berlebih akan memengaruhi kesehatan tubuh, termasuk setiap sel-sel tubuh.

Pekerjaan Beberapa bidang pekerjaan yang menyebabkan Anda duduk lama akan menyebabkan jumlah sel sperma berkurang karena meningkatnya temperatur skrotum.

Kecanduan alkohol Seorang pecandu alkohol memiliki sel sperma normal 30 persen lebih rendah.

Gangguan seksual Gangguan seksual seperti ejakulasi dini akan membuat sel sperma tidak pernah bisa mencapai saluran reproduksi wanita untuk bertemu sel telur.

Perokok Salah satu dampak buruk menghisap rokok adalah berkurangnya kemampuan gerak sperma.

Kurang gizi Tubuh memerlukan vitamin C, zinc, vitamin E dan beta karoten untuk menghasilkan sel sperma yang sehat.

Paparan toksin Racun-racun atau toksin seperti pestisida dan timah bisa merusak sperma.

Laptop Kebiasaan memangku laptop sebaiknya dihindari. Satu jam memangku laptop akan menaikkan suhu skrotum sampai dua derajat.

sumber: KOMPAS.com

Categories: Si Buah Hati | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: