Menelusuri Budaya Mesir Kuno Pada Tempat Wisata di Mesir

Mesir terletak di benua Afrika bagian timur laut. Secara demografi, negara Mesir didominasi oleh warga keturunan Arab Semit. Selama berabad-abad lamanya bangsa Mesir Kuno telah dikenal memiliki kebudayaan tingkat tinggi. Menurut majalah National Geographic Indonesia, sejarah Mesir Kuno dimulai pada tahun 2500 Sebelum Masehi (SM) dengan kepemimpinan Kerajaan Lama Mesir dari dinasti 4 sampai ke 8. Kekuasaan Firaun Mesir berakhir pada tahun 30 SM karena penaklukan Imperium Romawi.

Budaya Mesir Kuno berkembang di sepanjang aliran Sungai Nil. Bangunan bersejarah hasil peninggalaan budaya Mesir Kuno berupa kuil, piramida, arca para raja, sphinx, reruntuhan istana, obelisk, dan lain-lain. Bangunan-bangunan bersejarah tersebut menjadi daya tarik utama tempat wisata di Mesir. Jutaan wisatawan dari berbagai penjuru dunia mengunjungi tempat wisata di Mesir untuk menyaksikan secara langsung kemegahan piramida dan arca para raja Mesir Kuno.

Negara Mesir modern beribukota di Kairo. Jejak peninggalan kejayaan Mesir Kuno tersebar di tempat wisata di Mesir dan Sudan. Dari utara ke selatan, tempat wisata di Mesir yang menjadi bukti keberadaan kerajaan Mesir Kuno adalah: Sais, Memphis, Henen-Nesut, Khmun, Tjeny, Karnak, Thebes, Abu Simbel, dan Qasr Ibrim (Primis). Untuk tempat wisata di Sudan akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Berikut ini ulasan singkat beberapa tempat wisata di Mesir:

 

Egypt.Giza Sphinx - Tempat Wisata di Mesir

Egypt.Giza Sphinx – Tempat Wisata di Mesir

 

Kuil Agung Amun di Karnak

Kuil Agung Amun merupakan salah satu tempat wisata di Mesir yang dikenal menyimpan misteri yang belum terungkapkan. Kuil Agung Amun saat ini tersisa sebagai reruntuhan bangunan dan terus direstorasi hingga mendekati bentuk aslinya. Kompleks kuil Agung Amun terdiri dari patung Firaun, pilar-pilar menjulang tinggi, obelisk, dan ruang pemujaan. Bahan bangunan kuil ini terdiri dari batu bata dan batu alam dengan dominasi warna pastel. Keindahan alam Mesir yang khas ini sangat tepat untuk diabadikan dalam foto tempat wisata.

Makam Wakil Raja Tutankhamun di Thebes

Obyek wisata berikutnya yang terkenal di Mesir adalah Makam Wakil Raja Tutankhamun di Thebes. Wakil Raja Tutankhamun adalah seorang lelaki bernama Huy yang berasal dari Nubia, sebuah wilayah di Sudan. Keindahan makam ini adalah adanya lukisan sejarah yang menggambarkan keagungan budaya Mesir Kuno. Wisatawan yang berkunjung ke dalam makam bisa menyaksikan lukisan yang menunjukkan kaum bangsawan Nubia dalam iringan yang mengantarkan cincin-cincin emas sebagai bagian dari upeti kepada penguasa mereka. Setiap wisatawan dibuat takjub olehnya.

Piramida Khafre dan Sphinx Agung di Giza

Tempat wisata di Mesir yang paling terkenal tentu saja bangunan piramida dan sphinx di Giza, tak jauh dari Kairo. Bangunan wisata sejarah ini dibangun kurang lebih 2500 tahun SM. Piramida merupakan bangunan dengan alas persegi dengan ujung runcing seperti puncak kerucut. Sedangkan sphinx adalah monumen bersejarah yang berupa patung badan singa dengan kepala manusia. Sphinx menggambarkan kejayaan para penguasa Mesir Kuno pada masanya. Inilah tempat wisata paling fenomenal di Mesir dan menjadi lokasi pengambilan gambar tempat wisata paling terkenal.

Patung Ramses II di Kuil Abu Simbel

Wilayah Abu Simbel terletak di pinggir Danau Nasser. Pada masa kekuasaan Mesir Kuno, kawasan ini dikenal sebagai Nubia Hilir. Terdapat pahatan patung Ramses II di bagian depan kuil Abu Simbel. Patung tersebut berdiri dengan gagah walau telah berusia ribuan tahun. Kemegahan Kuil Abu Simbel tidak kalah menakjubkan dibanding wisata sejarah di tempat wisata di Jepang, tempat wisata di China, tempat wisata di India, bahkan tempat wisata di Indonesia. Liburan ke Kuil Abu Simbel menawarkan petualangan alam seperti dalam adegan film Treasure Hunt.

Kemegahan Jembatan Terusan Suez

Terusan Suez adalah salah satu ikon Mesir selain piramida dan sphinx di Giza. Terusan Suez memiliki nilai ekonomis yang tinggi bagi pertumbuhan pendapatan negara Mesir. Terusan yang menghubungkan Laut Tengah di Eropa dan Laut Merah di Asia-Afrika ini memiliki jembatan yang megah. Pembangunan jembatan Terusan Suez berlangsung selama puluhan tahun dan pernah menimbulkan konflik bersenjata antara Mesir, Perancis dan Inggris. Jembatan Terusan Suez adalah tempat wisata di Mesir yang sayang dilewatkan jika Anda berlibur ke Timur Tengah.

 

Kemegahan Jembatan Terusan Suez - Tempat Wisata di Mesir

Kemegahan Jembatan Terusan Suez – Tempat Wisata di Mesir

Advertisements
Categories: sejarah | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: