Sejarah Peradaban Mesir Kuno

Mesir Kuno adalah suatu peradaban kuno di bagian timur laut Afrika. Peradaban ini terpusat sepanjang pertengahan hingga hilir Sungai Nil yang mencapai kejayaannya pada sekitar abad ke-2 SM, pada masa yang disebut sebagai periode Kerajaan Baru.

Daerahnya mencakup wilayah Delta Nil di utara, hingga Jebel Barkal di Katarak Keempat Nil. Pada beberapa zaman tertentu, peradaban Mesir meluas hingga bagian selatan Levant, Gurun Timur, pesisir pantai Laut Merah, Semenajung Sinai, serta Gurun Barat (terpusat pada beberapa oasis).


Dan perdapan Ini Masih tersimpan banyak misteri, mulai dari makam yang hilang dan masih banyak lagi misteri yang tersembunyi.

Penasaran ??? langsung simak saja disini.
Gunung Sinai, Mesir
1 Gunung Sinai, Mesir
Gunung Sinai juga dikenal Jabal Musa (bahasa Arab standar yang berarti “Gunung Musa” ), lebih disebut begitu oleh Badui, adalah nama sebuah gunung di kota Saint Katherine, gunung Sinai adalah gunung yang tingginya kurang lebih 2.285 m di kota Saint Katherine, di daerah Sinai. Disamping itu juga terdapat Mount St. Catherine (pada 2.629 m, puncak tertinggi di semenanjung Sinai). Dalam bahasa Arab disebut Jabal Tur dan memiliki arti yang sama, dan Gunung Sinai disebutkan dalam Al-Quran “(QS. Al-TIN) sebagai istilah”Tur Sinin “.
Gizeh Pyramids
2 Gizeh Pyramids2
2 Gizeh Pyramids3
Gizeh Pyramids (juga disebut sebagai Piramida Khufu dan Piramida Cheops) adalah situs tertua dan terbesar dari tiga piramida Giza Necropolis pada berbatasan dengan yang sekarang disebut El Giza, Mesir.
Situs ini adalah yang tertua dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno, dan tetap utuh sampai sekarang. Hal ini diyakini bahwa piramida ini dibangun sebagai makam Firaun dinasti keempat.
Gizeh Pyramids terdiri dari lebih dari 2,3 juta blok batu kapur yang secara tradisional, orang Mesir kuno memotong blok batu tersebut dari tumbukan potongan kayu ke batu yang kemudian direndam dengan air. Ketika air diserap, pada potongan-potongannya diperluas, menyebabkan batuan menjadi retak. Begitu mereka potong, mereka bawa dengan kapal melalui Sungai Nil menuju ke Pyramids.
Sphinx
3 Sphinx
Patung Sphinx berbentuk singa berkepala manusia, diyakini merupakan kepala Khufu. Memiliki panjang 3 meter dan tinggi 20 meter. Melambangkan watak gagah laksana singa dan kepribadian lembut laksana manusia.
Hatshepsut’s
4 Hatshepsut's
Hatshepsut’s Temple ialah Kuil yang dibuat untuk menghormati seorang firaun (pharaoh) yang paling sukses yaitu Hatshepsut’s yang diyakini sebagai firaun kelima dari Dinasti Mesir Kuno kedelapan belas. Dia umumnya dianggap oleh ahli Mesir Kuno sebagai salah satu firaun yang paling sukses, berkuasa lebih lama dari dinasti Mesir.
Great Sphinx
5 Great Sphinx
Great Sphinx atau Sphinx Agung adalah salah satu fakta terbesar di dunia dengan patung-patung tertua berdiri kokoh disana, tapi dasar tentang itu, seperti yang model untuk wajah, ketika dibangun, dan oleh siapa, masih diperdebatkan. Pertanyaan-pertanyaan ini telah menghasilkan gagasan populer dari “Riddle of Sphinx”.
Nefertiti
6 Nefertiti
Nefertiti (kecantikan telah datang) adalah Permaisuri Agung (atau istri utama) dari Fir’aun/Pharaoh Amenhotep IV (yang kemudian bergelar Akhenaten), dan merupakan ibu mertua dan mungkin ibu tiri dari Pharaoh Tutankhamun. Ia juga kemungkinan memerintah kerajaan dalam waktu singkat dengan nama Neferneferuaten-Nefertiti (berarti, Aten memancarkan sinarnya karena Kecantikan telah datang).
Suez Canal
7 Suez Canal
Ini Adalah Terusan Suez yang diabadikan fotonya pada tahun 1869.
Giza
8 Giza
Masih satu komplek dengan pyramid, Giza ini merupakan 2 patung besar yang dijadikan sebagai tempat pemujaan.
Karnak, Temple of Amun
9 Karnak, Temple of Amun
Karnak temple of Amun terdiri dari konglomerasi besar candi yang hancur dan tinggal sisa-sisa tiang dan bangunan lain, terutama Candi Agung Amin dan struktur besar dimulai dari Firaun Amenhotep III (antara 1.391-1.351 SM).
Terletak dekat Luxor, sekitar 500 km selatan Kairo, di Mesir. Daerah sekitar Karnak adalah Mesir kuno Ipet-isut (“Tempat yang Paling Dipilih”) dan tempat utama pemujaan Triad Theban dengan dewa Amun sebagai kepala dewanya.
Ramses II at Luxor
10 Ramses II at Luxor
Situs ini berjarak setengah mil (3 km) dari patung sphinx berupa kepala manusia yang menghubungkan kuil-kuil Karnak dan Luxor.
Patung berposisi duduk dari Raamses II ini digunakan setahun sekali dalam festival yang menggambarkan perjalanan Ramses II dari Karnak untuk mengunjungi kekuasaannya di wilayah selatan. Saat itu di kuil Luxor ia berubah menjadi Min (Dewa Kesuburan).
Dua buah patung besar berposisi duduk dari Raamses II merupakan tiang pintu gerbang besar yang tingginya 80 kaki (25 m).
Egypt Mummy
11 Egypt Mummy
Mummy Ialah Sebuah mayat yang diawetkan dengan cara dibalsem (diberi ramuan-ramuan) agar mayat tidak hancur dan biasanya pembalsaman dilakukan kepada mayat pembesar mesir.
source: http://menguasaidunia.blogspot.com/2011/02/sejarah-peradaban-mesir-kuno-yang.html#more
Categories: sejarah | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Sejarah Peradaban Mesir Kuno

  1. Ini adalah perabadan awal manusia,pada mulainya berkembang dri sini sehingga perlu belajar dn kembangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: