Foto Gunung di Mars Tampak Penuh Es

detail berita

Charitum Montes di Mars (foto: Live Science)

WASHINGTON – Sebuah pesawat antariksa Eropa yang mengorbit di Mars sukses memotret sederet pegunungan di permukaan Planet Merah tersebut. Pengunungan yang berada di dataran tinggi bagian selatan itu tampak seolah sedang berada di musim salju.

Dilansir dari Live Science, Jumat (7/12/2012), foto tersebut diperoleh melalui kamera stereo resolusi tinggi di dalam Mars Express milik European Space Agency (ESA). Foto tersebut tampak seolah sedang musim salju karena lembah dan dasar kawah tertutup dengan karbondioksida beku.

Foto tersebut menampilkan bagian dari Charitum Montes yang merupakan sekelompok pegunungan terjal dengan bentang hampir mencapai 1.000 kilometer. Letaknya di wilayah paling selatan bekas terjadinya tubrukan Argyre.

Selain itu juga tampak bahwa wilayah pegunungan tersebut tampak bopeng karena banyak terdapat kawah besar yang telah terisi dengan endapan tebal.

Misalnya, kawah berukuran 50 kilometer yang mendomisasi foto itu tampak telah berisi tanah Mars. Sementara kawah kecil yang ada di dekatnya dan telah memiliki beberapa cabang, tampak telah sepenuhnya terisi.

Foto dari Mars Express itu juga menunjukkan beberapa kawah alas yang lebih kecil. Kawah itu tercipta ketika material yang terlepas dari tubrukan membentuk fitur yang lebih tinggi ketimbang sekelilingnya

Advertisements
Categories: astronomi, sains | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: