Teleskop NASA Temukan Ratusan Planet Baru

CALIFORNIA -Teleskop luar angkasa Kepler milik NASA, menemukan ratusan planet baru. Ilmuwan masih meneliti apakah planet-planet tersebut memungkinkan untuk mendukung kehidupan.

Dilansir Nbcnews, Selasa (8/1/2013), teleskop luar angkasa Kepler menemukan 461 planet potensial baru. Temuan ini sekaligus menunjukkan total sekira 2.740 kandidat dunia baru, di mana 105 planet telah dikonfirmasi oleh para peneliti.

“Dua tahun lalu, kami menemukan 1.200 kandidat planet. Satu tahun kemudian, kami menambahkan jumlah signifikan dari objek baru serta melihat peningktan jumlah planet yang berukuran sangat kecil,” tutur astronom Kepler, Christopher Burke.

Dengan bertambahnya 461 kandidat planet baru, yang terkumpul selama lebih dari 22 bulan melalui observasi teleskop luar angkasa Kepler, maka diperkirakan ke depan akan banyak planet kecil lain yang ditemukan. Target barunya adalah KOI-172.02, yang merupakan kandidat planet berukuran 1,5 kali lipat lebih besar dari Bumi.

Kandidat planet ini juga mengelilingi bintang induk dalam orbit 242 hari. Pada jarak antara kandidat planet dengan bintang induk ini, diprediksi dapat ditemukan air yang sangat diperlukan untuk kehidupan.

Selain itu, planet dengan kode nama PH2 b yang berukuran sebesar Jupiter, ditemukan oleh ilmuwan yang berpartisipasi dalam projek Planet Hunters. Planet tersebut kabarnya berada di zona layak huni. (fmh)

Advertisements
Categories: astronomi, sains | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: