Burung unta

Burung unta
Ostrich140.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Struthioniformes
Famili: Struthionidae
Vigors, 1825
Genus: Struthio
Spesies: S. camelus
Nama binomial
Struthio camelus
Linnaeus, 1758

Burung unta merupakan burung terbesar yang masih hidup. Dengan ketinggian hingga 2,5 meter (8 kaki), ia cukup besar untuk seseorang dewasa berbadan kecil menunggang mereka dan telah digunakan di sebagian Afrika Utara dan Arab sebagai hewan tunggangan perlombaan. Burung ini tidak dapat terbang dan termasuk dalam kumpulan primitif yang kurang dikenal, yaitu ratit (Palaeognaths). Nama ilmiahnya Struthio camelus.

Burung unta berasal dari sabana dan bagian gurun Afrika di utara dan selatan zona hutan khatulistiwa. Spesies yang terdapat di Timur Tengah, yakni S. c. syriacus, telah lenyap.

Burung unta dipelihara sebagai sumber daging di kawasan sejuk seperti Swedia. Rasa dagingnya seperti daging tak berlemak.

Menurut kepercayaan rakyat, burung unta terkenal karena menyembunyikan kepala mereka di dalam tanah saat berhadapan dengan bahaya. Perilaku ini tidak pernah dicatat atau dilihat, walaupun burung unta diketahui merendahkan kepala dan leher mereka ke tanah untuk melindungkan diri bila predator mendekat. Apabila terancam, burung unta mampu membuat predatornya luka parah dengan tendangan dari kaki mereka yang kuat itu.

Anggota lain kelompok Palaeognaths termasuk burung rea, emu, kasuari serta burung terbesar yang diketahui tetapi sekarang lenyap, Aepyornis.

Ciri-ciri

Burung unta adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu. Bulu mereka tidak berfungsi sebagai kerajang udara, tetapi pernah populer sebagai hiasan topi wanita dan sebagainya. Paruhnya tidak bergigi dan lancip.

Burung unta mempunyai leher yang panjang dan mampu berlari hingga 65 km/jam.

Burung unta terkenal dengan sarang masyarakat, di mana beberapa ekor burung betina akan bertelur dalam satu sarang, untuk dierami oleh betina pada waktu siang dan jantan pada waktu malam. Telur burung unta adalah telur terbesar.

 

Burung jantan hitam legam dengan bulu putih dan merah atau biru cerah kulit sedangkan burung betina  adalah cukup seragam dalam warna,  abu-abu-cokelat dan warna kulit
UKURAN: Perkiraan ketinggian 2,75 m (9 ft)
Berat: Up to 156,5 kg (345 £)
Makanan: Bulk makanan adalah tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, biji-bijian, daun, tunas, semak, tanaman segar, juga invertebrata, kadang-kadang kadal, dan vertebrata kecil lainnya. Batu yang tertelan untuk membantu pencernaan
INKUBASI: Kira-kira 40 hari
KEMATANGAN SEKSUAL: 3-4 tahun
Umur: Kira-kira 40 tahun dalam situasi yang dikelola, tidak diketahui di alam liar
RANGE: common di alam liar di Afrika Timur
HABITAT: Buka negara, daerah gurun, dan kering savana
POPULASI: GLOBAL Tidak ada data
STATUS:  Tidak ada data

fakta
1. Satu telur Burung unta sama dengan telur hingga 24 telur ayam. Dan itu berlangsung sekitar 2 jam untuk mendidih!

2. Burung unta dapat berlari hingga 70 km / jam (40 mph) dan dapat melebihi paling pengejar, seperti singa, macan tutul, dan hyena.

3. Ini adalah terbesar dan terberat hidup Burung . Hal ini tidak bisa terbang dan tidak memiliki keeled sternum (tulang dada) umum bagi sebagian besar burung.

4. Burung unta mengulurkan leher mereka dan meletakkan kepalanya di tanah agar tidak terlihat, maka mitos bahwa Burung unta bersembunyi di dalam pasir.

5. Burung unta sangat kuat sehingga satu tendangan di pemangsa, seperti singa, bisa berakibat fatal.

6. Burung unta betina menunjukkan kemampuan yang luar biasa untuk mengenali telur-nya sendiri bahkan ketika bercampur dengan orang-orang betina lain dalam sarang komunal mereka.

sumber : berbagai sumber
Categories: Flora & Fauna | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: